Site icon Berita Burung

Wisata Trenggalek

Destinasi wisata Trenggalek memang jarang diketahui banyak orang. Wisata Trenggalek akan menyuguhkan keindahan alam yang bagus untuk dikunjungu seperti air terjun, pantai, taman hingga puncak gunung yang indah dan mempesona.

Trenggalek merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Timur. Trenggalek juga dikenal dengan sajian kuliner alen-alen dan rujak uyup. Sebagai Kabupaten yang dikenal dengan makanannya, tentu tak jauh dari wisatanya juga.

 

 

Kabupaten Trenggalek hanya memiliki kekurangan satu saja yaitu tidak memiliki gunung berapi aktif. Hampir semua gunung yang ada di Kabupaten Trenggalek terbilang tidak aktif.

 

 

Kabupaten Trenggalek terdiri dari 2 iklim yang berbeda yaitu kemarau dan penghujan. Biasanya musim kemarau sering terjadi pada bulan Mei – Agustus. Trenggalek juga belum memiliki fasilitas transportasi seperti stasiun.

Penasaran dengan destinasi wisata Trenggalek? Berikut penulis rangkum seputar wisata Trenggalek terbaru 2022.

1. Pantai Damas

Pantai Damas merupakan salah satu obyek wisata Trenggalek yang lagi hits di tahun 2022 lalu. Nuansa alami dan mempesona membuat pantai Damas selalu ramai dikunjungi saat liburan akhir pekan.

 

 

Menempuh perjalanan ke Lokasi pantai akan memakan waktu yang cukup panjang. Agar sampai ke lokasi, kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 53 KM dari pusat kota Trenggalek.

Pantai ini memiliki panjang kurang lebih 2 KM dengan luas mencapai 5,5 hektar. Di lokasi wisata pantai Damas ini, kamu dapat melakukan kegiatan seperti berenang, bermain pasir, berjemur atau memancing.

  • Lokasi wisata pantai Damas tepatnya di Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 4000 per orang dewasa, dan Rp 2000 per anak.

2. Pantai Karanggongso

Apabila dibandingkan dengan pantai Damas, memang sedikit berbeda. Pantai ini memiliki luas yang tidak terlalu besar. Namun, dilokasi pinggiran pantai terdapat sejumlah tanaman pohon kelapa yang cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.

 

 

Biasanya, para wisatawan juga melakukan aktivitas unik seperti, bermain pasir, berjemur, berburu spot foto, berenang dan senorkeling.

  • Lokasi wisata pantai Karanggongso tepatnya di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 7500 per orang dewasa dan RP 5000 per anak. Saat musim weekend biasanya mengalami kenaikan harga sebesar Rp 2500.

3. Pantai Prigi

Berburu spot wisata di Kabupaten Trenggalek. Ya, pantai Prigi merupakan obyek wisata fotografer agar bisa mendapatkan spot foto kekinian. Pantai Prigi merupakan obyek wisata yang lagi hits di Kabupaten Trenggalek Jawa Timur.

  • Pantai Prigi juga menyuguhkan fasilitas yang gak kalah menarik dengan wisata pantai lainnya. Kamu akan menjumpai spot foto yang bagus selama berada di pantai ini.
  • Lokasi wisata pantai Prigi tepatnya di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa timur.

    4. Pantai Blado

    Buat kamu yang suka camping ceria, salah satu wisata Trenggalek yang wajib dikunjungi yaitu pantai Blando. Pantai ini terbilang cukup luas dengan hempasan ombak yang cukup kuat. Meskipun demikian pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat camping.

    • Pantai ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat memadai seperti panggung hiburan, tempat makan dan gardu pandang.
    • Lokasi wisata pantai Blando tepatnya di Desa Munjungan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa timur.
    • Harga tiket masuk biasanya dipatok seharga Rp 40.000 per orang.

    5. Pantai Ngulungwetan

    Pantai ini menyuguhkan keindahan alam seperti menikmati indahnya sunset. Sebab letak pantai Ngulung Wetan menghadap langsung ke arah samudera. Saat musim libur, penulis sarankan agar mengajak keluarga untuk berwisata ke Pantai Ngulung Wetan.

    • Kamu juga dapat melakukan aktivitas lain seperti berenang dan bermain slancar. Karena, pantai Ngulung Wetan memiliki ombak yang cukup menantang.
    • Lokasi wisata pantai Ngulung Wetan tepatnya di Desa Ngulung Wetan, Kecamatan Munjungan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

    6. Air Terjun Pantai Pelang

    Obyek wisata Trenggalek juga memiliki sejumlah spot foto kekinian dikalangan milenial. Spot tersebut yang kini menjadi pusat perhatian warga setempat untuk dikembangakan.

     

     

    Pantai dengan tinggi mencapai 300 meter ini mampu memanjakan mata dan membuat kamu betah beralama-lama di lokasi wisata air terjun pantai Pelang.

     

     

    Di lokasi pantai ini juga terdapat sebuah jebatan yang menghubungkan lokasi parkir dengan bibir pantai. Kamu akan menjumpai spot yang indah dari atas jembatan ini.

    Pantai ini cenderung untuk menikmati sunset. Tak hanya itu, pemandangan di lokasi wisata juga cukup sejuk karena dikelilingi oleh tanaman pinus.

    • Lokasi wisata air terjun pantai Pelang tepatnya di Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 8000 per orang.

      7. Air Terjun Kedung Maron

      Pemandangan air terjun Kedung Maron merupakan obyek wisata yang bagus untuk dikunjungi. Tak hanya itu, Kamu juga dapat berkunjung ke salah satu spot wisata terdekat yaitu kedung maron.

      Di pinggir kedung maron dipenuhi dengan batuan purbakala sehingga banyak wisatawan yang menyebut wisata air terjun kedung maron sebagai putri maron kali batu purba. Selain itu, di area pantai juga terdapat pohon yang membuat suasana menjadi lebih alami.

      Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang eksotis, pantai ini juga menyediakan makanan Sego Gegog khas Trenggalek.

      • Lokasi wisata air terjun kedung maron tepatnya di Beji, Gandusari, Trenggalek, Jawa Timur.
      • Jam operasional dibuka setiap hari dari pukul 07.00 – 17.00.
      • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2000 per orang.

      8. Pantai Pasir Putih Trenggalek

      Destinasi wisata pantai pasir putih Trenggalek menyuguhkan hamparan pasir putih dengan ombak yang cukup tenang. Sehingga para wisatawan yang datang selalu memanfaatkan pantai untuk mandi bersama keluarga. Terutama untuk kamu yang gemar berenang.

       

       

      Buat kamu yang suka dengan waterspot, pantai ini juga mempunyai sejumlah fasilitas olahraga seperti banana boat yang dilengkapi dengan fasilitas renang seperti life jacket atau ban renang.

      Kamu juga dapat menikmati spot foto untuk dibagikan ke berbagai sosial media facebook, instagram dan lain-lain.

      • Lokasi wisata pantai pasir putih Trenggalek tepatnya di Jalan Raya Pantai Prigi, Tasikmadu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
      • Jam operasional dibuka setiap hari dari pukul 07.00 – 18.00.
      • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 10.000 per orang.

      9. Pantai Cengkrong

      Pantai Cengkrong berada tepat di sebelah Barat pantai Prigi dan di sebelah Timur gunung Kumbokarno. Terbilang cukup strategis, karena berada dekat dengan sisi jalan lintas Selatan Pulai Jawa yang melewati Kabupaten Trenggalek.

      Waktu tempuh untuk mencapai spot diperkirakan kurang lebih 2-3 jam dengan menggunakan kendaraan motor.

      Di pantai ini kamu bisa menjelajah berkeliling pantai dengan biaya sebesar Rp 15,000 per orang dengan menggunakan kapal boat dan lain-lain.

      • Lokasi wisata pantai Cengkrong tepatnya di Desa Karanggandu, Karanggandu, Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.
      • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
      • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

      10. Goa Lowo

      Goa Lowo merupakan obyek wisata Trenggalek yang penuh dengan cerita misteri. Goa ini juga dijuluki sebagai salah satu goa terpanjang di Kabupaten Trenggalek. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli goa asal prancis, panjangnya diperkirakan 2 meter.

      Di pintu goa terdapat sebuah patung unik yakni patung Ratu dengan sayap kelelawar di bagian punggungnya. Penduduk setempat menyebut patung tersebut sebagai sebutan Sri Ratu Lowo.

      Dijuluki sebagai Sri Ratu Lowo karena patung tersebut melambangkan Ratu dari semua kelelawar yang ada di dalam goa tersebut.

      • Di dalam goa ini terhampar luas ruangan dengan ketinggian mencapai 20-50 meter. Ini merupakan salah satu spot untuk berswafoto.
      • Lokasi wisata Goa Lowo tepatnya di Kambe, Watu Agung, Watu Limo, Trenggalek, Jawa Timur.
      • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu dari pukul 08.00 – 17.00.
      • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 4000 per orang.

      11. Puncak Jaas

      Menikmati pemandangan negeri awan merupakan momen yang tak bisa dilupakan. Spot Ini bisa kamu dapatkan di kawasan Puncak Jaas. Kamu juga tak perlu bingung dengan urusan konsumsi, karena di sini juga menyediakan masakan khas Kabupaten Trenggalek.

       

       

      Obyek wisata puncak Jaas ini terbilang sangat indah. Spot ini dapat kamu rasakan pada sore menjelang malam.

      Jangan heran kalau puncak Jaas juga menyediakan beragam fasilitas seperti rest area, aneka hewan seperti merak, rusa kera landak dan burung-burung layaknya kebun binatang.

      Puncak Jaas berada diketinggian 303 mdpl, meskipun terlihat rendah, dibutuhkan tekad yang kuat agar dapat sampai ke lokasi puncak ini.

      • Lokasi wisata puncak Jaas tepatnya di Darang, Tamanan, Trenggalek, Jawa Timur.
      • Jam operasional dibuka setiap hari senin – minggu, 24 jam.
      • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 4000 per orang.

      12. Bukit Banyon

      Bukit Banyon berdiri pada ketinggian 1.175 mdpl. Menikmati spot dari ketinggian menjadi daya tarik para wisatawan domestik. Salah satu keindahan yang akan Kamu dapat yakni melihat hamparan awan putih yang membentang.

      Pemandangan fantastis lainnya yaitu melihat pemandangan sunset dan juga sunrise. Dari atas puncak bukit Banyon, kamu akan menyaksikan spot foto yang lagi hits yaitu menyaksikan keindahan lampu disekitar rumah milik warga setempat.

Exit mobile version