Site icon Berita Burung

Wisata Mojokerto

Mojokerto merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Mojokerto menyimpan wisata alam yang lagi hits dan selalu identik dengan sejarah sehingga membuat wisatawan lokal dan mancanegara untuk berburu wisata Mojokerto.

Saat musim liburan tiba, penulis sarankan untuk kamu untuk berkunjung ke Mojokerto. Sebab ada banyak spot wisata unik yang bisa kamu kunjungi di sini diantaranya, air terjun, spot foto, candi hingga situs bersejarah.

Wisata Mojokerto juga dipengaruhi oleh kondisi geografis yang dekat dengan pegunungan. Kondisi alam yang sejuk dengan pemandangan yang indah akan dapat memanjakan mata dan rasa.

Nah, agar mempermudah perjalanan kamu, berikut ini penulis akan merekomendasikan obyek wisata Mojokerto yang lagi hits terbaru 2022.

1. Air Terjun Coban Canggu

Obyek wisata Mojokerto paling hits di kalangan wisatawan lokal saat ini yaitu air terjun Coban Canggu. Ya, disini kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam dengan suasana asri sehingga membuat kamu betah untuk berlama-lama di tempat ini.

Spot wisata menarik dari air terjun Coban Canggu yaitu air terjunnya memiliki kontur yang unik dengan adanya lumut dan tumbuhan yang merambat di sekeliling air terjun menjadi lebih berkesan.

2. Air Terjun Dlundung

Air terjun Dlundung memiliki ketinggian mencapai 14 meter dari permukaan laut. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa butiran air yang jatuh dari puncak tebing.

Air terjun Dlundung berada tepat di daerah lereng gunung Welirang sehingga membuat suasana di sekitar air terjun menjadi lebih sejuk dan menenangkan.

Lokasi air terjun Dlundung juga digunakan sebagai bumi perkemahan. Biasanya lebih sering dipakai untuk menikmati camping ceria bersama keluarga.

3. Air Terjun Grenjengan

Wisata mojokerto cenderung banyak air terjun ketimbang wanawisata kota. Air terjun Grenjengan juga menjadi tempat alternatif untuk kamu kunjungi saat musim libur tiba.

Kamu akan merasakan suasana alam yang menakjubkan sambil bersantai menikmati udara yang segar alami.

4. Air Terjun Watu Lumpang

Berada di Taman Hutan Rakyat (tahura) terdapat sebuah air terjun yang lagi hits terbaru 2022. Letaknya tak jauh di bawah lereng gunung Welirang yang merupakan perbatasan antara Mojokerto dan Kota Batu.

Air terjun ini terbilang tidak cukup besar, namun di lokasi wisata terdapat udara yang sejuk dan asri sehingga membuat wisatawan untuk terus berburu wisata air terjun Watu Lumpang.

  • Lokasi air terjun Watu Lumpang tepatnya di Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu dari pukul 07.00 – 16.00.

5. Air Terjun Surodadu

Air terjun Surodadu merupakan salah satu wanawisata alam yang memiliki ketinggian mencapai 15 meter. Obyek wisata air terjun Surodadu kini menjadi ikon wisata baru yang ada di kawasan hutan Pacet.

Meskipun tampak sederhana, namun obyek wisata air terjun Surodadu masih terbilang wisata paling hits di kalangan milenial khususnya warga setempat.

  • Lokasi wisata air terjun Surodadu tepatnya di Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Hutan, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

6. Gunung Penanggungan

Sebagai pecinta trekking, cobain gunung Penanggungan di Mojokerto. Kamu harus menaklukkan gunung Penanggungan ini setelah mendaki gunung lainnya di Jawa timur.

Gunung Penanggungan memiliki ketinggian mencapai 1.653 mdpl. Gunung ini telah menjadi cagar budaya di Mojokerto sejak tahun 2015 lalu.

Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang menawan, gunung Penanggungan juga memiliki warisan berupa benda-benda bersejarah peninggalan kerajaan terdahulu.

Sedangkan di bagian sisi Utara puncak gunung Penanggungan juga terdapat sebuah bangunan baru yang menyerupai altar, kemudian digunakan untuk menggelar upacara. Obyek wisata gunung Penanggungan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan mistis.

  • Lokasi wisata gunung Penanggungan tepatnya di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

7. Goa Gembyang

Berada tak jauh dari gunung Penanggungan, obyek wisata Mojokerto yang terkenal di Mojokerto yaitu Goa Gembyang. Ya, goa ini berdiri di ketinggian 600 mdpl. Kamu dapat menikmati spot untuk berswafoto di lokasi goa Gembyang.

Goa Gembyang sangat identik dengan cerita mistik, karena hampir semua spot wisata goa Gembyang dipenuhi dengan legenda yang berbau mistis.

Sebagai wisatawan yang mencintai alam tentu tak membuat rasa itu menjadi hilang. Maka tak jarang kalau goa Gembyang selalu dipadati wisatawan domestik saat musim libur (weekend) maupun (weekday).

Uniknya lagi, saat kamu menjelajah goa Gembyang, dilarang menggunakan cahaya saat masuk ke dalam goa. Sangat cocok untuk kamu yang ingin menguji mental saat berada di dalam goa Gembyang.

  • Lokasi wisata Goa Gembyang tepatnya di Jinggring, Sumber Kembar, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk tidak ada (gratis).

8. Museum Balai Pelestarian Purbakala

Museum Balai Pelestarian Purbakala cenderung disapa Museum Purbakala menjadi salah satu obyek wisata yang lagi hits di Mojokerto. Bangunan museum purbakala berusia sekitar 200 abad, sehingga di dalam Museum ini terdapat beragam jenis benda peninggalan sejarah di zaman purbakala.

Museum ini didominasi oleh benda peninggalan sejarah juga artedak dari kerajaan kahuripan, kediri dan juga singorsari.
Selain difungsikan sebagai tempat penyimpanan benda bersejarah, museum purbakala juga digunakan sebagai tempat study sejarah di Mojokerto.

  • Lokasi wisata Museum Balai Pelestarian Purbakala tepatnya di Jalan Majapahit No. 141-143, Tegalor, Trowulan Mojokerto, Jawa timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – kamis dari pukul 07.30 – 16.30. Jumat, pukul 07.30 – 11.30. Sabtu, 07.30 – 13.30. Sedangkan sabtu dan minggu (tutup).
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 2.500 (dewasa) dan Rp 1.500 (anak-anak).

9. Candi Bajang Ratu

Obyek wisata sekaligus tempat piknik keluarga di Mojokerto juga dapat kamu rasakan di wana wisata Candi Bajang Ratu. Sambil mengenang sejarah Indonesia, semua bisa kamu dapatkan pada satu spot wisata Mojokerto yaitu Candi Bajang Ratu.

Di area wisata Candi Bajang Ratu juga dikelilingi oleh taman-taman yang indah dan mempesona.

  • Lokasi wisata Candi Bajang Ratu tepatnya di Jalan Candi Tikus No. 09, Trowulan, Temon, Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

10. Makam Troloyo

Makam Troloyo merupakan salah satu makam peninggalan sejarah Islam pada abad ke 14. Letak makam Troloyo terbilang cukup strategis, sehingga tak pernah sepi. Spot wisata Makam Troloyo menjadi obyek wisata religi bagi masyarakat setempat di Mojokerto.

  • Lokasi wisata Makam Troloyo tepatnya di Desa Sentonorejo, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.
  • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
  • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 5000 per orang.

    11. Candi Brahu

    Candi Brahu merupakan bangunan peninggalan sejarah Budha. Bangunan Candi Brahu dipercaya sebagai bangunan tua, bahkan melebihi usia bangunan kerajaan Majapahit. Candi Brahu sudah ada sejak berdirinya kerajaan Majapahit.

    Bahkan, Candi Brahu diyakini sebagai bangunan tertua seiring dengan berdirinya pemerintahan Raja Brawijaya I.

    Dari segi tekstur, bangunan Candi Brahu memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan Candi yang ada di Mojokerto.

    • Lokasi wisata Candi Brahu tepatnya di Sawah, Bejijong, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
    • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

    12. Candi Tikus

    Candi Tikus merupakan bangunan yang telah lama terkubur di dalam tanah, namun ditemukan kembali pada tahun 1914. Penggalian situs ini dilakukan berdasarkan laporan Bupati Mojokerto, R.A.A Komojoyo Adinegoro.

    Bentuk Candi Tikus sangat mirip dengan petirtaan yang mengundang banyak pendapat di kalangan pakar sejarah dan arkeologi mengenai fungsinya.

    Sejumlah pakar juga berpendapat bahwa candi ini merupakan petirtaan yang menjadi tempat mandi keluarga Raja. Namun keyakinan lain menyebutkan bahwa menara yang berbentuk meru menjadi tempat untuk memuja.

    Sejumlah fasilitas yang tersedia diantaranya area parkir, tempat istirahat, MCK, warung makan dan lain sebagainya.

    • Lokasi wisata Candi Tikus tepatnya di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
    • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, dari pukul 06.30 – 16.30.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

    13. Candi Wringin Lawang

    Obyek wisata Mojokerto tak hanya menyuguhkan keindahan alam, namun juga dikenal sebagai kota bersejarah. Ya, Candi Waringin Lawang merupakan salah satu obyek wisata Mojokerto yang masih identik dengan sejarah.

    Bangunan Candi Waringin Lawang masih terlihat sangat kokoh meskipun hanya terbuat dari bahan cetakan batu merah.

    Candi ini juga terbilang cukup mewah, hal ini terlihat dari tekstur bangunan candi yang khas. Tentu saja Candi Waringin Lawang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan khususnya warga setempat.

    • Lokasi wisata Candi Waringin Lawang tepatnya di Jatipasar, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur.
    • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

    14. Kolam Segaran

    Obyek wisata air di Mojokerto yang lagi hits untuk kamu yaitu Kolam Segaran. Kolam Segaran menjadi salah satu obyek wisata bersejarah. Kolam ini telah ada sejak zaman kerajaan Majapahit.

    Namun kini dimodifikasi untuk wisatawan yang gemar mancing. Fakta unik dari Kolam Segaran yaitu kolam yang dinobatkan sebagai kolam tua terbesar di Indonesia.

    • Lokasi wisata Kolam Segaran tepatnya di Dukuh Trowulan, Desa Trowulan, Kecamatan, Trowulan, Kabupaten Mojokerto.
    • Jam operasional dibuka setiap senin – minggu, 24 jam.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 3000 per orang.

    15. Obech Rafting

    Saat musim libur, penulis sarankan untuk berkunjung ke Mojokerto untuk menikmati wahana air yang ekstrim yaitu Obech Rafting.
    Kamu tentu pernah mendengar kata arung jeram. Ya, kegiatan ini hanya dapat dilakukan untuk wisatawan yang ingin berwisata ekstrim.

    Tak hanya melakukan kegiatan arung jeram, kamu juga bisa melaksanakan aktivitas lainnya seperti outbond, camping ground dan lain-lain.

    • Lokasi wisata Obech Rafting tepatnya di Jalan Cangar, Pacet No.01, Sumberam, Sajen, Pacet, Mojokerto, Jawa timur.
    • Jam operasional dibuka setiap hari dari pukul 08.00 – 16.00.
    • Harga tiket masuk biasanya dipatok dengan masing-masing paket seperti paket Trip Arjuno, Trip Welirang dan Paket Rafting. Masing-masing paket akan dikenakan biaya sebesar Rp 150.000 – 250.000.

    16. Museum Sanggar Gubug Wayang

    Museum Sanggar Gubug Wayang merupakan salah satu obyek wisata yang menyimpan berbagai jenis koleksi wayang. Mulai dari wayang kulit, wayang potehi dan wayang golek.

    Kamu dapat menjumpai berbagai karakter wayang yang hadir dalam bentuk tokoh-tokoh terkemuka seperti Mahatma Gandhi, Joko Widodo dan Lady Diana.

    Tak hanya wayang, kamu juga akan menjumpai koleksi lainnya seperti kuda lumping, keris, gamelan, reog Ponorogo, mainan zaman dahulu dan masih banyak koleksi lainnya.

    Di dalam museum ini juga terdapat buku Samkok yang usianya mencapai 100 tahun. Jangan lupa untuk memanfaatkan spot foto yang ada di area Museum Sanggar Gubug Wayang.

    • Lokasi wisata Museum Sanggar Gubug Wayang tepatnya di Jalan R.A Kartini No. 23, Kauman, Prajurit Kulon, Kauman, Prajurit Kulon, Margiela, Kauman, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto, Jawa Timur.
    • Jam operasional dibuka setiap selasa – minggu dari pukul 09.00 – 17.00.
    • Harga tiket masuk dipatok seharga Rp 30.000 per orang.

    17. Pendopo Agung Trowulan

    Pendopo Agung Trowulan merupakan obyek wisata terbilang baru di Mojokerto. Namun bangunan ini dianggap sebagai tempat yang sakral bagi penduduk setempat.

    Pendopo ini juga sangat luas, sehingga membuat wisatawan merasa betah untuk berlama-lama di lokasi wisata ini. Kamu juga bisa beristirahat sejenak di area pendopo Agung Trowulan.

    Saat kamu berada di pintu masuk pendopo, kamu akan disambut dengan pintu gerbang berbentuk candi bergaya Jawa Kuno. Setelah melewati pintu gerbang, kamu akan menemukan cungkup kecil yang didalamnya terdapat tugu prasasti berupa patung sebatas dada Mahapatih Gajah Mada.

    Patung ini diresmikan oleh Komando Pusat Polisi Militer pada tahun 1986.

Exit mobile version