Site icon Berita Burung

Wisata Blitar

Secara administratif Blitar merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di bagian Selatan Jawa Timur. Kota Blitar juga dijuluki sebagai Kota Proklamator, Kota Patria dan Kota Peta. Hal ini tak terlepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selain Kota bersejarah, Kota Blitar juga dikenal dengan spot wisata yang dapat kini menjadi daya tarik wisatawan lokal. Potensi wisatanya selalu dikaitkan dengan sejarah yang ada di Kota Blitar, hal inilah yang membuat Kota Blitar selalu dipadati pengunjung dan juga penduduk setempat.

Ada banyak spot wisata bagus dan lagi hits untuk kamu kunjungi. Penasaran dengan wisata Blitar? Berikut ini penulis rekomendasikan untuk kamu terbaru 2022. Yuk simak!

1. Hutan Pinus Tulungrejo Gandusari

Hutan pinus Tulungrejo Gandusari juga dikenal dengan hutan pinus Loji Lereng Kelud. Wisata hutan pinus Loji berada tak jauh dari Basecamp pendakian Gunung Kelud.

Saat berada di lokasi wisata, kamu akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sejuk dan asri. Sebab, disekeliling area wisata terdapat sejumlah pohon yang tumbuh dan tersusun rapi.

Selain dapat merasakan keasrian hutan pinus, kamu juga dapat menikmati spot untuk berswafoto.

2. Gunung Kelud

Wisata gunung Kelud terus membenahi diri sejak terjadinya erupsi di tahun 2014 silam. Menyuguhkan panorama alam yang ekstrim, gunung Kelud juga menawarkan beragam atraksi dan spot wisata di sekitar gunung.

Wisata gunung Kelud terbagi menjadi tiga zona yakni zona sirkuit Kelud, zona agrowisata margomulyo dan zona produksi.
Ketiga zona tersebut memiliki atraksi yang berbeda-beda sehingga membuat pengujung merasa semakin terhibur dengan suasana di gunung Kelud.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo membutuhkan waktu 1 jam perjalanan dari pusat kota Blitar. Menikmati keindahan pantai Tambakrejo paling tepat di waktu senja. Terutama buat kamu yang ingin mendapatkan spot foto yang kekinian.

Tak hanya menyuguhkan spot foto yang kekinian, di pantai Tambakrejo juga menyediakan kuliner khas pesisir dengan menu utama ikan laut.

6. Pantai Pangi

Destinasi wisata Blitar memang tak jauh dari pantai. Salah satu pantai favorit di Blitar yaitu pantai Pangi. Akses menuju spot wisata terbilang cukup sulit, sehingga obyek wisata pantai Pangi masih sepi pengunjung.

Bagi wisatawan domestik hal itu tak menyulutkan semangat mereka untuk tetap berkunjung ke pantai Pangi. Pantai Pangi menyuguhkan ombak dan angin yang cukup tenang.

Menariknya lagi, di pantai pangi juga menyuguhkan pemandangan khas pedesaan yang akan membuat kamu semakin merasa betak untuk berlama-lama di sini. Bahkan, kamu juga bisa mendirikan tendan untuk camping ceria di area sekitar.

7. Pantai Serit

Pantai Serit mempunyai ciri khas pasir yang berwarna hitam dan coklat dan tidak semua permukaan pantai tertutup oleh pasir. Keunikan lainnya bisa kamu dapatkan seperti gradasi warna pasirnya yang hitam coklat sangat kontras dengan air laut serta langitnya yang biru.

8. Bukit Teletubbies

Blora juga memiliki bukit Teletubbies yang gak kalah menarik dengan bukit Teletubbies bandung. Bagi masyarakat setempat, bukit ini menjadi salah satu tujuan wisata saat hari libur tiba.

Saat kamu beradai di puncak bukit ini, kamu akan disuguhkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk sehingga membuat Kamu merasa betah untuk berlama-lama di area bukit.

Sejumlah fasilitas juga dapat kamu gunakan seperti, balon udara, berfoto dengan telebubbies.

9. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Obyek wisata perkebunan teh Sirang Kencong memiliki spot wisata kekinian yang lagi viral di sosial media. Kepopulerannya dikenal sebagai wisata yang menghasilkan spot foto antimainstream. Kamu juga dapat menyaksikan keindahan sunset dan juga surise.

10. Taman Pecut

Taman Pecut berada di satu kawasan dengan alun-alun Blitar. Di sini kamu akan menemukan patung yang dibuat dengan simbol tas pusaka Samandiman milik Adipati Blitar.

Di taman Pecut ini kamu akan mejumpai air mancur yang menarik setiap harinya. Ragam polah air mancur ini dipadukan dengan permainan lampu yang sangat unik.

Tak jarang kalau taman Pecut selalu ramai dikunjungi penduduk setempat sebagai tempat rekreasi keluarga.

Kamu juga dapat menikmati fasilitas yang ada seperti, kursi taman, spot foto dan toilet.

11. Sumber Ember

Sumber ember merupakan salah satu objek wisata kolam pemandian di Kota Blitar. Tempat rekreasi kolam pemandian ini memiliki kedalaman 1,5 meter.

Di area spot wisata sumber ember juga terdapat pohon yang menaungi kolam sehingga membuat kolam tidak terasa panas saat berenang disiang hari.

12. Gunung Butak

Berlokasi di kawasan gunung Kawi, gunung Butak merupakan salah satu gunung Stratavolcano yang seringkali dikunjungi wisatawan lokal untuk zona mendaki. Buat kamu yang suka berpetualang, gunung Butak tempatnya.

Di area puncak gunung Butak menyuguhkan spot foto yang bagus dan menarik. Disepanjang trek kamu akan menjumpai padang sabana yang dipenuhi dengan tumbuhan bunga edelweis bermekaran.

13. Makam Bung Karno

Makam Presiden pertama Bapak Ir. Soekarno Hatta yang berperan sebagai proklamator Indonesia menjadi salah satu objek wisata di Blitar. Sebagai bukti, makam Bung Karno tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

14. Kesambi Trees Park

Kesambi Tree’s Park selalu ramai pengunjung khususnya penduduk setempat dan juga wisatawan lokal.
Objek wisata Kesambi Tree’s Park merupakan penangkaran rusa maliran yang telah dikelola pemerintah sampai sejauh ini.

Menariknya, fasilitas yang disediakan juga terbilang sangat lengkap diantaranya, area remaja, camping deck, view deck, arboretum, gift shop, forest corner, cafetaria, playground dan lain-lain.

15. Air Terjun Grenjeng

Objek wisata air terjun Grenjeng sungguh menampilkan pemandangan alam yang unik. Kamu akan menjumpai tebing berwarna hitam kelam layaknya gunung Purba yang mengelilingi indahnya air terjun.

Keindahan wisata air terjun Grenjeng masih terbilang wisata baru dikalangan wisatawan lokal.

16. Gua Embultuk

Kamu butuh wisata alam yang menantang? Persiapkan diri kamu untuk datang ke Blitar. Kamu akan menjumpai salah satu spot wisata alam Gua Embultuk. Goa ini merupakan gua satu-satunya di Kota Blitar yang memiliki keunikan stalagmit dan stalaktit yang harus kamu saksikan.

Goa ini cukup dikenali dikalangan wisatawan Blitar, bahkan wisatawan mancanegara juga ikut meramaikan wisata Gua Embultuk.
Wisata Gua Embultuk juga pernah menjadi salah satu tempat persembunyian simpatisan PKI pada masa itu.

BACA ARTIKEL LAIINYA :
13 Resep olahan ikan kakap pedas, enak, sedap, dan bikin nagih
13 Cara membuat agar-agar santan, enak, manis, dan super lembut
9 Resep sup kacang merah
11 Resep kreasi masakan tuna kaleng9 Resep kentang masak kecap
10 Resep tumis pepaya muda ala rumahan, cocok buat makan siang
9 Resep tumis oyong rumahan, menu sederhana, rasanya istimewa

 

Exit mobile version