Site icon Berita Burung

Wajib Paham Mengenai Ketidaksamaan Router dan Modem yang Harus Dijumpai

Wajib Paham Mengenai Ketidaksamaan Router dan Modem yang Harus Dijumpai

Beritaburung – Di dunia tehnologi info atau yang lebih terkenal disebutkan dengan IT ada banyak tipe piranti yang terkait dengan dunia ini. Salah satunya tipe atau kelompok piranti yang kerap dibahas ialah piranti jaringan computer atau networking. Di dunia networking ada piranti yang kerap dipakai yakni router dan modem.

Meskipun dari sisi wujud fisik ke-2 piranti ini sama, tetapi ada banyak yang tidak dapat membandingkan peranan dari router dan modem. Karena itu sebaiknya mengulas dahulu berkenaan pengertian dari ke-2 piranti ini saat sebelum mengulas bedanya.

Router ialah piranti yang berperan untuk menyambungkan beberapa piranti hingga dapat tersambung dan lakukan transisi data di antara piranti satu sama yang lain. Router ini mempunyai pekerjaan menertibkan lalu lintas dan data alur di suatu networking.

Modem datang dari kata modulator demodulator. Modem sendiri ialah sebuah piranti yang bermanfaat untuk menyambungkan satu piranti dengan akses internet. Modem ini sebagai pengubah signal data yang dari sumber akses internet yang hendak dilanjutkan ke piranti yang hendak memakai akses internet itu, hingga piranti itu mempunyai pola yang pas untuk lakukan transisi data lewat akses internet.

Pada umumnya dapat disebutkan, tanpa modem, satu piranti tidak segera dapat tersambung ke internet. Modem di sini dapat memakai jaringan nirkabel atau tanpa kabel atau dengan memakai kabel seperti serat optik atau fiber optic (FO). Contoh modem ini tersering dijumpai misalkan modem nirkabel untuk tangkap signal internet dari provider telekomunikasi.

Ketidaksamaan lain dari router dan modem ialah seperti berikut:

Router cuma dapat menyambungkan piranti yang ada pada suatu network atau kerap disebutkan dengan istilah Local Tempat Network (LAN), dan modem menyambungkan dengan piranti di luar LAN atau kerap disebutkan dengan istilah Wide Tempat Network (WAN);

Router mempunyai pekerjaan untuk atur lintasi data dan keamanan datanya dengan beberapa aturan tertentu yang ditata dalam fire wall. Dan modem tidak mempunyai feature ini;

Untuk akses internet, modem bisa berdiri dengan sendiri tanpa router, dan router harus membutuhkan modem untuk tersambung ke internet;

Modem tidak dapat memberi alamat IP ke piranti yang tersambung, dan router mempunyai kekuatan untuk memberi alamat IP ke piranti yang tersambung.

Sesuai perubahan tehnologi sekarang ini, router dan modem dapat disebutkan tidak ada perbedaannya kembali. Mengapa? Karena saat ini lebih banyak ada router dan modem jadi satu alat. Alat itu mempunyai peranan modem sekalian router, bahkan berperan sebagai hub . Maka jika kamu merencanakan beli piranti router dan modem tidak perlu kebingungan kembali, karena piranti itu saat ini ada pada sebuah alat yang serupa.

Exit mobile version