Site icon Berita Burung

Terbentuknya Metaverse Standars Komunitas

Terbentuknya Metaverse Standars Komunitas

Beritaburung – Beberapa perusahaan tehnologi di dunia solid membuat tubuh metaverse namanya Metaverse Standars Komunitas. Tubuh ini nanti akan membuat standard supaya beberapa perusahaan tehnologi bisa bersinergi membuat metaverse secara terbuka. Beberapa saat akhir-akhir ini beberapa perusahaan tehnologi membuat “metaverse” versus mereka sendiri. Sayang tidak ada standard yang terang dalam membuat metaverse.

Metaverse Standars Komunitas bisa menjadi tubuh atau organisasi yang membuat standard itu. Hingga menjadi referensi untuk perusahaan tehnologi untuk membikin mekanisme atau elemen. Komunitas itu mempunyai tujuan untuk memberikan fasilitas komunikasi di antara beragam perusahaan dan organisasi untuk merealisasikan “interoperabilitas” dalam metaverse.

Perusahaan Yang Tergabung Dalam Metaverse Standars Komunitas

Interoperabilitas sendiri sebagai kemamapuan dari mekanisme atau elemen untuk tukar data dan info. Beberapa perusahaan yang bergabung pada tubuh ini ialah Meta, Microsoft, Nvidia, Qualcomm, Epic Game, Adobe, sampai Sony.

Berdasar informasi dalam website “Metaverse Standars Komunitas”, keseluruhannya ada 38 perusahaan sudah tergabung yang dari bermacam bidang, dimulai dari perusahaan semikonduktor, perusahaan games, dan lain-lain.

Nanti, tubuh ini akan konsentrasi pada beberapa project, satu diantaranya hackathon (sebuah lomba pemograman yang sudah dilakukan sepanjang sekian hari). Mereka akan konsentrasi pada beragam asset 3D yang interaktif, transaksi bisnis keuangan, sampai augmented reality (AR) atau virtual reality (VR).

“Seperti internet, metaverse bisa menjadi mekanisme yang sama-sama terkait melebihi batasan negara, hingga dibutuhkan standard, ketentuan, dasar khalayak dan swasta untuk memungkinkannya ada operasi lintasi yurisdiksi,” terang President of Global Affairs Meta, Nick Clegg, sama seperti yang diambil KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/6/2022).

Apple Tidak Tergabung Metaverse Standars Komunitas

Nick menambah jika ini bisa diwujudkan bila semua perusahaan ingin adopsi ketentuan dan dasar dari standard industri yang diputuskan komunitas. Apple mangkir Lepas dari hal tersebut, ada banyak perusahaan yang tidak bergabung dalam komunitas, seperti Apple, Google, Niantic, Roblox, Snapchat, dan basis metaverse berbasiskan kripto seperti Sandbox atau Decentraland.

Walau sebenarnya, beberapa perusahaan di atas ikut menghasilkan produk metaverse-nya masing-masing, satu diantaranya earphone VR dan AR dari Apple. Tetapi, tidak tutup peluang jika beberapa perusahaan di atas di periode kedepan akan tergabung dengan komunitas itu.

Sama seperti yang tercatat dalam informasi komunitas itu, organisasi akan secara terbuka terima organisasi atau perusahaan apa saja yang ingin tergabung. Ditambahkan, registrasi itu tidak diambil ongkos.

Exit mobile version