Site icon Berita Burung

Samsung Galaxy Watch4 dan Watch5 Akurat Ukur Komposisi Tubuh

Samsung Galaxy watch 4

Samsung Galaxy Watch4 dan Watch5 Akurat Ukur Komposisi Tubuh

Beritaburung – Kerap dibahas, index massa badan tidak lagi parameter yang cocok untuk kesehatan seorang. Bio impendance analysis (BIA) menjadi salah satunya opsi khusus. Dengan saluran listrik yang redup, impendansi jadi ukuran lemak badan dan massa otot.

Sekarang ini, beberapa saat pintar (smartwatch) tawarkan beragam feature kesehatan, terhitung menghitung SpO2, kualitas tidur, sampai BIA. Contoh terbaru ialah Samsung Galaxy Watch4 dan Samsung Galaxy Watch5. Kerap ditanyakan ketepatannya, sebuah study terkini kukuhkan ketepatan Galaxy Watch4 dan Watch5 dalam menghitung BIA!

Sensor BioActive di Galaxy Watch4 dan Watch5

Sama seperti yang dijumpai, Samsung memperlengkapi seri Watch4 dan Watch5 dengan sensor BioActive 3-in-1 di bawah body smartwatch. Dengan sensor ini, Samsung Galaxy Watch4 dan Watch5 dapat memeriksa tiga hal pada tubuh pemakai:

“Tiap info kesehatan yang dijangkau lewat piranti dan/atau program jangan dipandang seperti anjuran klinis. Pemakai harus minta anjuran klinis ke tenaga medis,” catat Samsung dalam disclaimer-nya.

Menghitung ketepatannya di beberapa ratus simpatisan


Termuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Juli 2022, sebuah study kerjasama kampus AS (Louisiana State University, Pennington Biomedical Research Center, dan University of Hawaii Cancer Center) ingin mengetes ketepatan dan kestabilan pengukur BIA melalui smartwatch.

Beberapa periset AS mengambil 109 simpatisan lintasi BMI. Beberapa simpatisan jalani pengukur formasi badan dengan smartwatch Galaxy Watch4 dalam status berdiri dan duduk. Hasil smartwatch selanjutnya dibanding dengan pindaian dual-energy X-ray absorptiometry (DXA) dan penyekenan BIA sama dengan laboratorium.

Hasil: Galaxy Watch baik diagnosis BIA nyaris 100 %!

Dari 109 simpatisan, sekitar 75 simpatisan yang seutuhnya ikuti prosedur sepanjang riset. Hasilnya, tidak diketemukan ketidaksamaan ketepatan di antara hasil pengukur BIA di Samsung Galaxy Watch4 dengan DXA atau hasil pindaian BIA sama dengan laboratorium. Justru, Galaxy Watch4 tepat nyaris 98 % dalam mengetahui faktor kunci BIA, misalnya:

Smartwatch buat lebih sehat dan bugar
Riset itu menambahkan bukti faedah smartwatch untuk kesehatan. Dalam sebuah riset di Iran pada 2022, beberapa periset mendapati jika smartwatch menolong pemakai pahami skema kegiatan fisik, hingga nyaris 60 % pemakai smartwatch seringkali olahraga.

Sebuah riset lalu di AS yang termuat dalam Translational Journal of the ACSM pada 2016 menulis jika pemakaian smartwatch dapat membuat seorang lebih aktif bergerak sampai 68 menit. Disamping itu, study di AS pada 2020 mendapati jika penggunaan smartwatch menambahkan jumlah cara harian lebih dari 2.500 cara.

Langkah ukur BIA dengan Galaxy Watch4 dan Watch5

Dengan sensor BioActive itu, SAmsung Galaxy Watch4 dan Watch5 dapat mengetahui BIA pemakainya secara tepat. Cuma memerlukan waktu 15 detik saja, Samsung menjelaskan langkah mengetahui BIA lewat smartwatch-nya, yakni:

Takut hasilnya beralih-alih atau mungkin tidak tepat? Samsung memberi beberapa panduan menghitung BIA dengan Galaxy Watch4 dan Watch5, yakni:

Singkirkan benda logam dan perhiasan dari badan saat sebelum menghitung BIA.
Hebat, ‘kan? Untuk pemilik Samsung Galaxy Watch4 dan Watch5, dapat dicoba nih. Mudah-mudahan menjadi lebih aktif serta lebih sehat, ya!

Exit mobile version