Site icon Berita Burung

Pulau Pahawang

Lampung ternyata memiliki surga wisata tersembunyi yaitu tempat wisata pulau Pahawang. Objek wisata pulau Pahawang ini adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan setiap harinya. Tempat ini sangat indah dan memberikan sensasi yang berbeda.

Pulau Pahawang ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk kamu kunjungi. Keindahan wisata ini sangat baik bagi kamu semua yang berada dekat atau jauh untuk merapat mengunjungi wisata surga ini.

Lokasi Pulau Pahawang

Untuk lokasi dari objek wisata surga lampung Pulau Pahawang ini berlokasi di Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Pulau ini bisa kamu jangkau kurang lebih sekitar 2 jam perjalanan dari Bandar Lampung.

Jalan Menuju ke Pulau Pahawang

Nah, untuk menuju ke Pulau ini kamu harus menyebrang dengan Kapal. Jika berpatokan dari Bandar Lampung kamu akan memakan waktu 40 menit untuk sampai di Dermaga Ketapang.

Dari Deramaga Ketapang inilah kamu menaiki Kapal untuk menyebrang ke Pulau Pahawang. Perjalanan naik kapal sekitar 20 menit untuk sampai. Saat perjalanan di kapal kamu akan disuguhkan dengan kecantikan laut biru yang sangat menyejukan mata.

Akan lebih mudah jika kamu menggunakan jasa tour dan travel. Sekarang banyak paket wisata tour ke Pahawang yang ditawarkan dengan harga dan fasilitas beragam. Jangan lupa juga untuk paket wisata kamu harus pastikan dulu reviewnya ya.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Pulau Pahawang membutuhkan sekitar Rp.30.000 untuk naik perahu ke Pulau Pahawang.

Sewa snorkeling sekitar Rp.50.000,- dan menyewa penginapan di Pulau ini sekitar Rp.500.000,- yang dapat digunakan hingga 9 orang.

Namun bagi anda backpacker-an dapat ke lokasi Pulau Pahawang Lampung ini sekitar Rp.200.000,- (tanpa hitungan makan, minum, dan keperluan lain) atau dapat juga menggunakan jasa paket wisata yang berharga sekitar Rp.450.000.

Jam Buka

Tiap-tiap tempat wisata punya jam buka dan tutup berbeda. Begitu juga dengan destinasi yang ada di Kab Pesawaran. Berikut kami sertakan tabel mengenai jam buka dan jam tutup untuk Pulau Pahawang.

Pulau Pahawang buka jam 24 jam dan tutup jam -. Jam ini sesuai dengan zona waktu setempat yakni waktu Asia/Jakarta.

Fasilitas di Pulau Pahawang

Semua fasilitas umumnya bisa ditemukan di Pahawang Besar. Untuk diketahui, di Pulau ini belum banyak mendapatkan pasokan listrik, sehingga tidak terlalu banyak listrik disini. Penduduk setempat umumnya menggunakan genset.

Objek wisata pulau Pahawang ini bisa dibilang wisata pulau yang memiliki beberapa fasilitas dan layanan yang cukup baik, meskipun tidak sebaik wisata di daerah Pulau Jawa. Fasilitasnya seperti area parkir, mushola, kamar mandi, penginapan, dan lainnya.

Terdapat beberapa fasilitas akomodasi dan penginapan di Pulau ini, beberapa villa dan puluhan homestay yang tersebar di tiga dusun, yakni Pagetahan, Jelarangan, dan Cukuh Nyai.

Daya Tarik Objek Wisata Pulau Pahawang

Di Pulau Pahawang ini memiliki berbagai daya tarik yang dapat membuat kamu tersanjung dan puas. Berikut beberapa daya tarik di wisata ini:

1. Keindahan Bawah Laut Untuk Snorkelling

https://www.instagram.com/nekattraveller_16/

Sudah pasti tujuan utama dari para wisatawan ke Pulau ini yakni untuk melihat keindahan bawah lautnya yang masih asri. Kamu disini bisa melakukan snorkling di banyak spot.

Salah satu yang paling diminati adalah penangkaran ikan badut atau lebih dikenal dengan nama ikan nemo. Kamu bisa bermain dengan ikan nemo yang senang keluar masuk anemon laut.

Di bawah laut Pulau ini juga banyak terdapat terumbu karang yang masih hidup dan indah loh sob, kamu pasti akan terluluhkan hatinya disini. Tapi ada juga terumbu karang yang sengaja dibuat oleh penduduk setempat.

2. Pasir Timbul

https://www.instagram.com/treya.io/

Pasir Timbul adalah hamparan pasir putih memanjang yang menghubungkan Pulau Pahawang besar dan kecil. Jika sedang beruntung kamu dapat menjejakan kaki di pasir timbul ini.

Pasir Timbul ini hanya muncul ketika laut surut dan akan tenggelam ketika laut pasang. Perpaduan warna putih pasir, biru laut dan hijau perbukitan menjadi komposisi apik dalam perjalanan kamu. Semoga kamu beruntung ya pas berwisata kesini.

3. Wisata Bawah Laut dengan Menyelam

https://www.instagram.com/nekattraveller_16/

Selain snorkelling kamu juga dapat menikmati lanskap bawah laut perairan sekitar Pahawang dengan menyelam. Anda bisa melakukannya di perairan dekat Pulau Tanjung Putus dan Pulau Legundi.

Keunikan masing-masing spot ini adalah, di Tanjung Putus terdapat bangkai kapal karam yang telah menjadi habitat ikan-ikan laut. Sementara di perairan Pulau Legundi banyak terdapat gua bawah laut.

4. Water Sport

https://www.instagram.com/bandarlampungtrip/

Selain keindahan alam bawah lautnya, di tempat wisata ini kamu bisa melakukan berbagai olahraga air. Olahraga air ini biasanya menjadi favorit dari pengunjung wisata pulau Pahawang.

Kamu bisa menjajal berbagai olahraga air, seperti banana boat, sofa boat dan lainnya. Kamu bisa melakukan ini di Pulau Kelagian Besar yang tak jauh dari Pulau Pahawang ini.

5. Keindahan Alam Pulau Pahawang

https://www.instagram.com/pulau_pahawang/

Seperti halnya bahasan yang diatas, Pulau ini banyak sekali menyajikan keindahan-keindahan yang eksotik dan mengagumkan. Dari mulai hamparan pasir putih yang luas, sampai keindahan bawah laut dan biota ikan yang berwarna – warni.

Jika kamu hanya ingin bersantai di pinggiran pantai, kamu juga bisa melihat dengan mata telanjang kehidupan bawah laut di Pulau ini. Pasalnya Pulau ini memiliki pantai yang airnya masih jernih, jadi kamu bisa langsung melihat kehidupan bawah laut.

Ditambah lagi dengan keindahan alam di daratnya seperti bukit- bukit sekitar Pulau Pahawang ini. Bukit-bukit disini memiliki pepohonan yang masih lebat dan hijau. Dan kamu juga bisa melihat flora dan fauna khas hutan Mangrove.

Nah, jadi untuk spot berfoto kamu gak usah khawatir, disini banyak banget spot – spot foto yang bisa menjadikan foto kamu waw dan magis.

6. Melihat Sunset dan Sunrise di Pulau Pahawang

https://www.instagram.com/trippaker/

Destinasi pantai emang selalu identik dengan sunset dan sunrise. Nah kalau di Pantai Pulau Pahawang ini emang lebih terkenal dengan keindahan sunsetnya.

Suasana pantai yang tenang jadi makin romantis saat matahari sudah mulai turun. Langit perlahan jadi gelap dan matahari pelan-pelan berubah jadi orange. Banyak yang bilang kalau saat-saat sunset inilah waktu yang tepat untuk sejenak diam dan merenung.

Dan kalau Kamu pengen bener-bener menenangkan diri, mungkin emang ada baiknya biarkan dirimu puas menikmati suasana senja yang damai di Pahawang ini. Tanpa harus terlalu menyibukkan diri dengan berfoto-foto.

7. Pulau-Pulau Kecil diSekitarnya

https://www.instagram.com/pulau_pahawang/

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga Pulau-Pulau kecil lainnya di sekitar Pulau Pahawang. Beberapa di antaranya adalah Pulau Kelagian Besar, Pulau Tanjung Putus dan Pulau Kelagian Kecil.

Masing-masing Pulau ini punya keindahan yang nggak kalah cantik dengan Pulau utama di Pahawang. Bukit hijau, laut biru dan garis pantai yang putih. Cocok buat Kamu yang pengen hunting foto dengan latar kePulauan kecil.

Disini kamu harus menggunakan perahu untuk berkeliling melihat-lihat Pulau kecil yang tidak kalah cantiknya dengan Pulau Pahawang.

Wisata Dekat Pulau Pahawang

Di dekat Pulau ini masih terdapat beberapa wisata lainnya. Berikut beberapa wisata yang dekat dengan Pulau Pahawang:

1. Pantai Mutun

https://www.instagram.com/dhianintansari/

Pantai ini berada di ujung teluk lampung, pantai ini terletak di area sebelum kamu menyebrang ke Pulau Pahawang.

Pantai ini sebenarnya bisa dijadikan tempat untuk menyebrang ke Pulau Pahawang.

Keunggulan utama yang dijual pantai ini adalah pemandangan hamparan pasir putih yang relatif lebar dengan air laut yang tenang. Keberadaan Pulau Tangkil di sekitar Pantai Mutun menghalangi ombak laut lepas untuk sampai ke pantai.

2. Pantai Sari Ringgung

https://www.instagram.com/widys7339/

Pantai ini hampir sama dengan Pantai Mutun, pantai ini bisa juga kamu gunakan untuk menyebrang ke Pulau Pahawang. Akan tetapi ke 2 pantai ini tidak dipilih untuk penyebrangan, karena para wisatawan lebih memilih di Dermaga Ketapang.

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu pantai yang jaraknya terdekat dari kota Bandar Lampung. Hanya menempuh perjalanan selama 30-40 menit saja. Di pantai ini juga banyak lokasi yang menarik, seperti Puncak indah dan Pasir Timbul.

3. Pulau Kelagian Besar

https://www.instagram.com/imdeeferds/

Di dekat Pulau Pahawang, terdapat beberapa Pulau lagi salah satunya adalah Pulau kelagian besar. Pulau kelagian besar memiliki pasir pantai putih yang indah.

Pulau ini tidak berpenghuni karena memang sering dijadikan tempat latihan oleh pasukan TNI AL.Tapi, wisatawan bisa berkunjung dan menikmati suasana sekitar Pulau Kelagian Besar.

4. Pulau Kelagian Kecil

https://www.instagram.com/mau_kemana_si/

Pulau Kelagian Kecil sering jadi spot snorkeling pertama yang dikunjungi. Letaknya satu rute ke Pulau Pahawang, jadi banyak operator tour yang menjadikan tempat ini sekaligus sebagai destinasi yang dikunjungi.

Luasnya kurang lebih 1 hektar saja. Pengunjung biasanya memang lebih memilih Pulau Kelagian Kecil dibanding Pulau Kelagian Besar, karena suasana alamnya yang menurut banyak orang lebih indah. Lebih kena suasana pantainya.

5. Pulau Tanjung Putus

https://www.instagram.com/bg_lpgkece/

Pulau ini masih satu deret dengan Pulau Pahawang dan Pulau kelagian. Pulau Tanjung Putus ini merupakan Pulau cantik dengan panorama yang indah. Pulau ini juga memiliki pantai yang landai.

Antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil dihubungkan oleh jembatan alami yang unik. Jembatan pasir unik ini hanya muncul saat laut sedang surut.

Hotel / Penginapan di Dekat Pulau Pahawang

Di Pulau Pahawang ini terdapat beberapa penginapan Homestay. Berikut beberapa homestay yang ada di tempat wisata ini:

1. Indahneia Homestay

Homestay pertama ini letak posisinya sangat dekat dengan pantai. Jadi ketika kamu menginap di penginapan ini, kamu dapat merasakan dinginnya angin laut pada malam hari serta bisa mendengar alunan merdu ombak pantai.

Harga homestay ini ditawarkan oleh pengelolanya mulai dari Rp. 650.000 per malam, dimana penginapan ini sudah dilengkapi dengan segala macam perlengkapan rumah pada umumnya serta layanan kamar.

2. Homestay Pak Selamat

Penginapan selanjutnya adalah sebuah rumah warga milik dari Pak Selamat, letaknya tepat di Kecamatan punduh Pidada. Rumah penginapan ini dipatok dengan harga Rp. 400.000 per harinya.

Penginapan ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas serta perlengkapan yang kamu butuhkan selama menginap. Ya kalau menurut aku sih penginapan ini sangat mirip dengan kehidupan kita dirumah kita sendiri.

3. Turi Indah Homestay

Penginapan rekomendasi yang ketiga ini bentuknya sangat unik, yaitu kamu akan menginap di sebuah rumah panggung yang letaknya berada sangat dekat dengan pantai Pulau Pahawang.

Harga yang ditawarkan oleh pemiliknya di patok mulai dari Rp. 400.000 per harinya. Sangat cocok untuk kamu beserta keluarga apabila ingin bersantai maupun istirahat, karena berada di lingkungan tenang nan asri serta nyaman.

4. Villa Terapung Pondok Bagoes

Penginapan yang selanjutnya ini mengusung konsep sebagai villa, uniknya bangunan villa ini didirikan diatas pantai langsung loh sob. Penginapan tersebut sangat cocok apabila kamu bersama rombongan kamu.

Villa terapung ini ditawarkan oleh pengelolanya seharga Rp. 1.200.000 per harinya. Untuk fasilitas yang disediakan oleh pengelolanya adalah kuota tempat tidur yang sebanyak 6 sampai 8 orang per kamarnya.

Nah, jika kamu yang belum pernah merasakan bagaimana sensasi tidur diatas pantai dan ingin melihat keindahan sunset. Villa ini sudah pasti menjadi jawaban paling pas untuk menjadi tempat menginap kamu sob.

5. Batiqa Hotel Lampung

Nah, untuk kamu yang pengen menginap di seberang Pulau Pahawang ini, agar lebih dekat dengan wisata lainnya di Lampung. Kamu bisa ke hotel ini sob. Dari hotel ini kamu bisa langsung ke wisata lain seperti pantai sekitar di Lampung.

Hotel ini menawarkan harga mulai dari Rp. 537.190 per malamnya. Hotel ini memiliki fasilitas yang modern. Fasilitas yang diberikan berupa tempat fitnes, restoran, coffee shop, tempat parkir, layanan kamar, fasilitas kamar yang bagus dan masih banyak lagi.

Tips Berkunjung ke Pulau Pahawang

Untuk kamu yang ingin berkunjung atau berwisata ke tempat ini, penulis akan memberikan beberapa tips agar liburan kamu lebih asik dan baik, yaitu:

1. Memilih Waktu yang Tepat

Ini merupakan hal yang penting untuk kamu ketahui, karena memang untuk mendapatkan keindahan alam secara optimal kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berwisata ke Pulau ini.

Disarankan untuk kamu yang mau berlibur ke tempat ini, kamu dapat datang pada waktu terbaik yaitu pada bulan Mei hingga Agustus. Karena di waktu tersebut suasana serta keindahan alam yang ada di Pulau ini pun sedang berada pada titik yang paling optimal.

2. Hati – Hati saat Snorkelling / menyelam

Tentunya aktifitas snorkelling merupakan aktivitas yang wajib kamu lakukan di wisata ini. Karena Pulau ini terkenal dengan keindahan bawah laut yang eksotis dengan hewan – hewan laut yang beragam dan berwarna warni.

Tapi perlu kamu ingat ya sob, di perairan ini ada hewan yang harus kamu hindari, karena di Pulau ini ingin membuat habitat baru. Hewan yang harus kamu hindari itu seperti Bulu Babi, Ikan Batu, Pari, Ubur – Ubur, dan Ulat laut.

3. Listrik

Untuk masalah listrik, di Pulau ini belum memiliki sumber listrik yang mumpuni. Warga sekitar hanya menggunakan genset listrik, itupun beberapa orang. Genset ini pun hanya dinyalakan pada malam hari.

Jadi untuk kamu yang membawa barang – barang elektronik kamu harus siap dengan hal ini, karena pada siang menuju sore kamu tidak akan mendapatkan listrik. Jadi siapkan batre cadangan ya untuk Hp atau Kameranya.

4. Lotion / Pelindung Kulit

Untuk kamu yang takut akan warna kulit menjadi hitam, kamu perlu nih sunblock untuk bisa melindungi kulit kamu dari teriknya sinar matahari.

Siapkan juga lotion anti nyamuk, karena disini juga terdapat hutan mangrove. Untuk berjaga – jaga gunakan lotion anti nyamuk ini untuk melindungi tubuh kamu dari gigitan nyamuk yang berbahaya dan menjengkelkan.

5. Baju Ganti

Jika kamu berkunjung ke tempat wisata ini jangan lupa bawa baju ganti ya, yang banyak aja biar ga ribet kalau kehabisan.

Niat atau tidak niat untuk berbasah-basahan pasti ketika berwisata ke pantai kebanyakan dari kamu kana tergiur dengan asiknya untuk bermain air. Jadi jangan lupa ya menyiapkan baju gantinya.

Paket wisata ke Pulau Pahawang

Pada saat ini sudah banyak jasa – jasa yang menawarkan paket wisata di seluruh Indonesia dengan tujuan berbagai tempat wisata. Untuk paket wisata ke Pulau indah ini juga sudah banyak jasa yang menawarkannya.

Jasa paket wisata ke Pulau Pahawang ini di mulai dari harga Rp. 470.000 per orangnya. Biasanya paket wisata itu dimulai dari 10 orang hingga 15 orang atau lebih. Dengan tarif segitu kamu sudah bisa pergi sampai ke Pulau ini.

Tapi harus diingat nih sob, biasanya harga paket wisata itu tidak termasuk paket snorkelling, banana boat dan aktivitas lainnya. Jadi kamu harus mengeluarkan sedikit uang kamu untuk beraktifitas lebih di Pulau Pahawang ini.

Nah sob, itulah sedikit penjelasan dan gambaran mengenai daya tarik dan aktifitas di Pulau Pahawang ini. Pulau ini biasa disebut dengan wisata surga yang tersembunyi di Lampung.

Pulau Pahawang memiliki keindahan bawah laut yang terkenal, mulai dari ikan yang beragam dan berwarna warni hingga terumbu karang yang masih bagus. Jadi bagaimana menurut kamu, Kamu bisa melihat pemandangan bawah laut yang keren disini.

BACA LAINNYA :

Manfaat Buah Pisang untuk Bayi, Perkuat Sistem Pencernaan 1

Ini Ragam Manfaat Buah Apel Hijau, Kontrol Berat Badan dan Gula Darah hingga Cegah Kanker 1

Simak, Manfaat Buah Anggur yang Jarang Diketahui 1

Wisata Blitar

Wisata Mojokerto

Wisata Tulungagung

Mengenal Apa Manfaat Buah Nanas hingga Khasiat dan Kandungannya 1

Wisata Trenggalek
Exit mobile version