Site icon Berita Burung

Pengertian Beberapa Istilah Dalam Dunia Jaringan Internet

Pengertian Beberapa Istilah Dalam Dunia Jaringan Internet

Beritaburung – Beberapa pemakai yang aktif menjalankan computer, umumnya akan tidak asing dengan istilah LAN, MAN, atau WAN.

Istilah itu digunakan untuk menyebutkan sebuah tipe jaringan computer.

Satu computer bisa disambungkan dengan beberapa computer atau handphone yang lain secara sekalian melalui jaringan atau network.

Selanjutnya, pemakai dapat berhubungan dengan beberapa piranti lewat jaringan computer itu.

Salah satunya contoh yang kemungkinan jamak diketemukan dari pemakaian jaringan computer ialah operasionalisasi warnet. Koneksi internet pada beberapa computer Klien dalam suatu warnet dapat ditata secara terkonsentrasi melalui computer Admin.

Misalkan, seperti penataan untuk batasi waktu koneksi internet, kecepatan pengunduhan, batasi akses ke halaman website tertentu, dan lain-lain.

Tanpa jaringan computer, penataan terkonsentrasi seperti itu mustahil untuk dilaksanakan.

Jika ingin pahami selanjutnya masalah apakah yang dimaksud dengan jaringan computer, coba baca keterangan berikut ini.

Pemahaman jaringan computer Jaringan computer ialah mekanisme yang menyambungkan beberapa computer untuk share info (data) dan sumber daya.

Computer dan piranti yang lain sama-sama tersambung akan memungkinkannya pemakai untuk berbicara lebih gampang. Untuk membuat suatu jaringan, beberapa computer dengan piranti yang lain dihubungkan dengan memakai media kabel atau nirkabel.

Selainnya memakai hardware itu, membuat jaringan computer biasanya perlu untuk memasangkan piranti lunak atau software tertentu.

Software digunakan untuk mengetahui piranti yang ada di satu jaringan. Secara simpel, dalam sebuah jaringan computer, umumnya tersusun dari computer Server yang berperanan sebagai pusat penataan dan computer Host sebagai tempat pemakai bekerja.

Adapun peranan jaringan computer yang paling simpel ialah mempermudah membagikan beban kerja piranti untuk jalankan sebuah program.

Disamping itu, peranan jaringan computer yang selanjutnya ialah mengirit sumber daya.

Misalkan, dengan jaringan computer, beberapa computer dapat lakukan bikin document atau print melalui satu piranti printer yang serupa, seperti dikutip GeeksforGeeks.

Adapun tipe jaringan computer yang kerap digunakan ialah LAN, MAN, dan WAN, seperti yang pernah disentil di atas.

Disamping itu, sebetulnya ada ada banyak kembali tipe computer yang kerap digunakan, tetapi kemungkinan belum terlampau mengenalinya.

Setiap tipe jaringan computer biasanya mempunyai ketidaksamaan, sesuai lingkup daerah, alat penyambung, dan lain-lain.

Lalu, apa beberapa jenis jaringan computer yang umum dipakai? Berikut sebagai penuturannya. Beberapa jenis jaringan computer

  1. Istilah LAN Dalam Dunia Jaringan

Tipe jaringan computer yang pertama ialah LAN (Local Tempat Network). LAN sebuah jaringan yang menyambungkan piranti dalam jarak yang umumnya bersisihan dan memakai kabel sebagai aliran intinya. LAN umumnya dipakai untuk menghubungkan beberapa piranti pada sebuah rumah, atau beberapa computer yang terhubung dengan kabel namun tetap pada sebuah atap.

LAN diaplikasikan di beberapa warnet yang menyambungkan banyak computer ke satu server, dalam suatu ruang kantor untuk menyambungkan beberapa piranti ke satu computer, server, sampai printer, dan lain-lain

  1. Istilah MAN Dalam Dunia Jaringan

Metropolitan Tempat Network atau MAN, sama dengan namanya sebagai jaringan yang dipakai untuk menyambungkan beragam computer atau piranti dalam tempat sebuah kota.

Jaringan yang capaiannya semakin besar dari LAN ini dapat digunakan untuk menyambungkan computer di satu instansi ke instansi yang lain pada sebuah daerah administratif.

  1. Istilah WAN Dalam Dunia Jaringan

Wide Tempat Network atau WAN sebagai tipe jaringan computer yang menyambungkan beberapa piranti, computer, atau beragam jenis type jaringan yang lain (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak capaian yang lumayan jauh, bahkan juga dapat antara negara. Dengan WAN, data dalam computer yang berada di Indonesia, misalkan, dapat ditransfer secara mudah dan cepat ke computer di negara yang lain, misalkan ke Amerika Serikat (AS).

Contoh gampang implementasi WAN ialah koneksi internet yang biasa digunakan sejauh ini, di mana WAN akan menyambungkan piranti dengan sebuah computer atau server yang di negara lain.

  1. Istilah PAN Dalam Dunia Jaringan

Individual Tempat Network (PAN) ialah tipe jaringan computer yang umumnya menyambungkan beragam peralatan electronic punya individu yang diatur oleh orang tersebut.

Salah satunya contoh simpel dari pemakaian PAN ialah menyambungkan piranti printer ke computer atau menyambungkan computer dengan speaker bluetooth.

  1. Istilah WLAN Dalam Dunia Jaringan

Wireless Local Tempat Network (WLAN) WLAN dapat disebut sama dengan LAN, tapi jaringan type ini tidak membutuhkan kabel untuk menyambungkan banyak piranti. Lewat tehnologi wireless seperti WiFi, WLAN punyai peranan sama dengan LAN, hingga dapat dipakai untuk menghubungkan computer, server, printer, dan lain-lain dalam sebuah capaian kecil.

Contoh pemakaian WLAN ialah tersambungnya beberapa piranti dari beberapa rumah di tempat kecil, atau di satu block komplek dengan 1 jaringan WiFi.

Perlu dicatat, piranti yang ingin manfaatkan jaringan WLAN tentu saja harus telah diberi dengan support tehnologi WiFi. Simak juga: Piranti Keras Computer dan Perannya

  1. Istilah CAN Dalam Dunia Jaringan

Campus/Corporate Tempat Network (CAN) ialah jaringan yang menyambungkan bermacam piranti dan computer dalam sebuah lembaga pengajaran seperti sekolah, universitas, kampus, institut, dan lain-lain. CAN bisa juga dipakai untuk menyambungkan beragam piranti pada sebuah bangunan perusahaan yang banyak memiliki ruang. Untuk fragmen sekolah, CAN sendiri umumnya dipakai untuk memudahkan proses administrasi dan akademis dari sebuah instansi pengajaran itu, seperti mengolah nilai, menginput perform peserta didik, dan lain-lain.

  1. Istilah SAN Dalam Dunia Jaringan

Storage-Area Network (SAN) ialah sebuah jaringan yang menyambungkan computer dengan beberapa media penyimpanan (penyimpanan) memiliki kemampuan tinggi dalam sebuah server.

Sebuah piranti dapat terhubung jaringan SAN ini, begitupun ambil data yang berada di dalamnya bila mereka tersambung dengan server sebagai jembatan untuk media penyimpanan itu.

  1. Istilah POLAN Dalam Dunia Jaringan

Jaringan POLAN (Passive Optical Local Tempat Network) digunakan sebagai alternative dari LAN. Tetapi, bukannya memakai kabel biasa, POLAN manfaatkan kabel fiber optik untuk memperlancar proses transmisi antara piranti. Kabel fiber optik sendiri dikenali mempunyai perform yang lumayan cepat untuk mentransmisikan data dari satu piranti ke piranti yang lain. Jaringan POLAN umumnya digunakan untuk menghubungkan fiber optik ke piranti router, hingga nanti internet dapat diteruskan ke handphone disekelilingnya lewat jaringan WLAN.

  1. Istilah EPN Dalam Dunia Jaringan

Enterprise Privat Network (EPN) umumnya dipakai untuk menghubungkan beragam piranti, penyimpanan, computer, dan lain-lain pada sebuah perusahaan besar.

Manfaat EPN tentu saja berada di sisi keamanannya, hingga jaringan EPN biasa dipakai oleh beberapa perusahaan yang simpan beragam data penting, seperti data personal pemakai. Contoh manfaat EPN ialah menyambungkan jaringan perusahaan cabang dengan kantor pusat, mentransfer data dari bangunan dalam suatu universitas ke bangunan yang lain tanpa memakai intenet, dan lain-lain.

  1. Istilah VPN Dalam Dunia Jaringan

Virtual Privat Network (VPN) ialah satu jaringan yang dapat dipakai untuk membikin aktivitas internet pemakai jadi lebih aman dan tidak dapat dicari. Masalahnya jaringan VPN memungkinkannya akses internet pemakai tersambung ke satu jaringan individu yang dipunyai satu perusahaan atau server.

Disana, akses internet atau data yang dikirimkan pemakai akan dilanjutkan ke server atau computer yang ingin didiskusikan, hingga data seolah-olah dikirim dari instansi itu, walau sebenarnya itu dikirimkan oleh pemakai.

Contoh dari jaringan VPN ialah memakai satu service VPN, seperti 1.1.1.1, NordVPN, ExpressVPN, dan lain-lain untuk terhubung beragam website luar negeri atau web terlarang yang dikunci. Tersebut info sekitar pemahaman dan beberapa jenis jaringan computer yang umum digunakan, mudah-mudahan berguna.

Exit mobile version