Site icon Berita Burung

Alhamdulillah, Pasien Monkeypox Pertama Pulih dan Kegiatan Kembali Pada 2022

Alhamdulillah, Pasien Monkeypox Pertama Pulih dan Kegiatan Kembali

BERITABURUNG , Monkeypox Juru Berbicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril, umumkan pasien pertama terverifikasi positif monkey pox atau cacar monyet, sekarang pulih dan mulai melakukan aktivitas.

“Kasus pertama orang yang terverifikasi monkeyox pada 19 Agustus lalu telah usai isolasi, dan saat ini beraktivitas seperti umumnya,” tutur Syahril dalam pertemuan jurnalis virtual, Jumat (16/9/2022).

1. Hasil kontak langsung dipastikan negatif

Syahril menerangkan pasien alami tanda-tanda enteng, hingga lakukan karantina mandiri di dalam rumah. Selanjutnya pada 4 September 2022 dipastikan pulih.

Tetapi, ada 3 orang kontak langsung dan telah dilaksanakan testing dan surveylans.

“Hasilnya semua sehat tidak ada verifikasi positif atau memiliki gejala monkeypox,” sebut Syahril.


2. Kemenkes menambahkan jumlah laboratorium jadi 15

Untuk mengoptimalkan pengecekan, Kemenkes menambahkan jumlah laboratorium jadi 15. Awalnya cuma ada dua laboratorium pengecekan monkey pox.

“Semua laboratorium menyebar di beberapa wilayah tidak cuma di Pulau Jawa tetapi ada juga di Sumatra sampai ke Ambon,” kata Syahril.

3. Trend kasus monkey pox di dunia turun


Sementara, Dokter Specialist Penyakit Dalam Robert Sinto, menjelaskan trend kasus monkey pox di dunia memang turun, tapi ia minta ke seluruh pihak masih tetap siaga.

“Sebenarnya hasil pengecekan monkey pox selama ini negatif, dan selama ini trend di dunia beberapa saat paling akhir ini condong turun, tetapi kita harus tetap siaga. Indonesia telah tingkatkan kemampuan untuk dapat periksakan kasus monkeypox,” kata Sinto.

Exit mobile version