Site icon Berita Burung

Microsoft Tidak Memperpanjang Support ESU Untuk Windows 7

Microsoft Tidak Memperpanjang Support ESU Untuk Windows 7

Beritaburung  – Mekanisme operasi Microsoft Windows 7 yang terkenal capai akhir transisi suportnya pada Januari 2020. Microsoft selanjutnya mengeluarkan ESU, yakni Extended Security Up-dates atau periode ekstensi khusus untuk penyempurnaan keamanan, untuk Windows 7 dan Windows Server 2008 secara bertepatan. Dengan cara resmi, ini cuma ada untuk konsumen setia usaha dan perusahaan, ESU sendiri jamin ekstensi support sampai 3 tahun.

Januari 2022 mengidentifikasi tahun akhir ke-2 ESU untuk Windows 7, dan tahun yang diawali sesudahnya bisa menjadi yang paling akhir. Microsoft umumkan minggu ini jika mereka tidak perpanjang program ESU untuk Windows 7 sesudah Januari 2023. Organisasi dan usaha yang memakai piranti Windows 7 tidak terima penyempurnaan kembali untuk mekanisme operasi sesudah Januari 2023.

Untuk Windows 7 SP1 dan Windows 7 Profesional untuk Embedded Sistem, Program Extended Security Up-date (ESU) akan masuk tahun ke-3 dan paling akhir dari ekstensi support yang diawali pada 8 Februari 2022 dan usai pada 10 Januari 2023.

Untuk Server, nampaknya sedikit berlainan. Produk Windows Server 2008 akan terima ekstensi satu tahun, menurut Microsoft.

Untuk Windows Server 2008 R2 SP1, Windows Server 2008 SP2, Windows Server 2008 R2 SP1 untuk Embedded Sistem dan Windows Server 2008 SP2 untuk Embedded Sistem bila berjalan pada Microsoft Azure, ESU akan mempunyai setahun tambahan support diperpanjang yang ada mulai 14 Februari 2023, dan itu maknanya akan usai pada 9 Januari 2024.

Tidak terang di titik ini apa harga abonemen ESU tahun ke-4 akan berlipat-lipat kembali. Saat Microsoft mengeluarkan ESU, tersingkap jika harga akan berlipat-lipat tiap tahun. Ongkos ESU untuk Windows 7 Profesional ialah Rp2,8 juta-an per piranti di tahun ke-3 , untuk Windows 7 Enterprise Rp1,4 juta-an per piranti di tahun ke-3 .

Ongkos edisi Enterprise untuk ESU sebagai ongkos yang perlu dibayarkan oleh konsumen setia Windows Server untuk meluaskan support produk server. Microsoft tidak mengutarakan apa mereka merencanakan untuk meningkatkan harga pada tahun ke-4 kembali, dan ini akan capai Rp2,8 juta-an untuk tahun ke-4 bila betul.

Support untuk Windows 7 usai pada 10 Januari 2023 dan kelihatannya tidak ada pilihan untuk perpanjang support selanjutnya. Walau Microsoft terkadang melaunching penyempurnaan keamanan untuk piranti yang tidak memberikan dukungan di periode lalu, tidak ada agunan jika itu akan dilaksanakan untuk Windows 7.

Exit mobile version