Site icon Berita Burung

Ini Langkah Menjaga Ikan Arwana Supaya Warna Bagus Dan Usia Panjang 2022

Ini Langkah Menjaga Ikan Arwana Supaya Warna Bagus Dan Usia Panjang 2022

BERITABURUNG – Untuk beberapa kolektor ikan hias, mempunyai ikan arwana telah semestinya perhiasan tidak ternilai yang mana beberapa salah satunya ikhlas habiskan dana dengan jumlah fenomenal untuk memiliki.

Meskipun tidak dapat kamu mengajak berhubungan seperti anjing atau kucing, tetapi ikan arwana dipandang berdasar keeksotisan dan narasi rakyat yang konon bawa peruntungan, lho.

Nilai ini akan makin mahal karena ikan arwana termasuk spesies yang hampir musnah dan cukup susah untuk diperbudidayakan di luar komunitas aslinya.

Oleh karena itu perlu pengatasan khusus supaya masih tetap bisa jaga kualitas ikan arwana dan membuat mempunyai angka keinginan hidup yang lama.

Ini kali Beritaburung akan membahas beberapa panduan dan langkah menjaga ikan arwana yang dapat kamu kerjakan, dimulai dari ketahui tipe-jenisnya, penyiapan komunitas, penyeleksian pakan, sampai permasalahan kesehatannya.

Tipe-Jenis Ikan Arwana Paling populer Dan Harga Di Pasaran

Arwana termasuk ke tipe ikan hias yang khusus karena sebagai sisi dari kerabat ikan purba, yaitu Osteoglossidae.

Tipe ikan hias ini menempati daerah perairan tawar Amerika Selatan, Asia Tenggara, sampai Australia. Arwana mempunyai ciri-ciri fisik berbentuk tubuh memanjang yang sisik-sisik besar yang melapis badannya.

Karena memiliki bentuk yang seperti naga, beberapa kelompok internasional menyebutkan ikan arwana sebagai “dragonfish” atau “shui long” dengan bahasa Mandarin.

Ini juga yang jadikan ikan arwana menjadi satu diantara hewan yang dipercayai bawa peruntungan, hingga pada akhirnya beberapa orang ingin memiliki.

Dari beberapa tipe yang menyebar di penjuru dunia, ada banyak tipe ikan arwana yang biasa dipiara, misalnya:

Dengan watakistiknya ini pasti langkah menjaga ikan arwana perlu pengatasan khusus yang sebetulnya lumayan gampang buat kamu kerjakan asal ketahuinya dengan tepat, nih.

Kelompok Langkah Menjaga Ikan Arwana Supaya Warna Bagus Dan Berusia Panjang
Sebagai pengetahuan Sahabat Pandai, ikan arwana termasuk ke tipe hewan piaraan yang mempunyai usia panjang, lho.

Dengan komunitas yang sama sesuai dan konsumsi makanan yang pas, usia ikan arwana piaraan bisa capai 20 tahun. Semakin lama dibanding anjing atau kucing, kan?

Bahkan juga pada beberapa kasus yang belum terverifikasi, ikan arwana mampu bertahan hidup sampai nyaris 50 tahun.

Menjaga arwana loyalitas yang panjang untuk capai usia itu.

Nach, merilis dari beragam sumber, berikut kelompok panduan menjaga ikan arwana supaya warna bagus dan umurnya panjang.

1. Menyiapkan Akuarium Untuk Arwana

Bukan cuma untuk komunitas rumahnya saja, Sahabat Pandai bisa juga menyiapkan akuarium arwana supaya makin munculkan warna dan keelokannya, lho.

Disamping itu adapun beberapa faktor keamanan dan kesehatan yang perlu disanggupi untuk kelangsungan hidup ikan arwana dalam akuarium, misalnya:

Ikan arwana yang termasuk lumayan besar memerlukan akuarium dengan dimensi yang memungkinkannya mereka bergerak bebas. Untuk tipe ikan besar (arwana Amerika Selatan) memerlukan akuarium memiliki ukuran 180 x 76 x 60 cm. Sementara untuk ikan arwana kecil (arwana Asia dan Australia) memerlukan akuarium memiliki ukuran 120 x 60 x 60 cm.
Akuarium harus memakai material kaca tebal karena ikan mempunyai tenaga yang cukup buat pecahkan kaca dengan tebal kurang dari 12 mm.

Siapkan penutup akuarium buat menahan ikan arwana melonjak karena perasaannya untuk cari mangsa di atas air. Lapisi penutup dengan material berbentuk jala lembut, supaya bila arwana melonjak tidak mencederainya saat bertabrakan dengan material keras.
Jauhi pemakaian substrat atau dasaran akuarium berbentuk pasir atau batu, karena bisa mengakibatkan penimbunan kotoran arwana yang beresiko beracun untuk mereka.

Jauhi pemakaian tanaman dan dekor di air karena beresiko mencederai sirip arwana yang dikenali mempunyai gerakan gesit dengan badannya yang besar. Bila memungkinkannya, berikan hiasan berbentuk tanaman terapung buat menahan sikap melompatnya.

Siapkan dua tipe sinar pada akuarium untuk arwana. Pertama viewing light berbentuk lampu LED untuk memberi pencahayaan pada akuarium. Ke-2  tanning light yang berperan untuk munculkan warna arwana, contoh lampu LED warna ungu atau merah muda untuk tipe ikan super red.
Pakai air tawar untuk arwana dengan patokan berbentuk kandungan amonia (NH4) 0 ppm, nitrit (NO3) 0 ppm, dan nitrat (NO4) 40 ppm. Mengatur temperatur air sekitar 30 derajat Celcius dan kandungan pH air sekitaran 6.0-7.0 atau sedikit asam untuk munculkan warna arwana.
Siapkan filter air yang sanggup memfilter air akuarium dengan jumlah besar. Ini karena arwana termasuk tipe ikan besar yang hasilkan banyak kotoran. Penting untuk memfilter kotoran karena ada resiko beracun untuk kehidupan ikan.

2. Tentukan Makanan Arwana Sama sesuai Keperluannya

Arwana termasuk ke hewan karnivora yang menjadikan predator di alam simak. Pada komunitas aslinya, ikan arwana memakan ikan kecil dan serangga untuk penuhi keperluan proteinnya.

Sebagai hewan piaraan, ada banyak tipe makanan ikan yang dapat diberi. Pertama ada makanan berbentuk pelet yang diutamakan untuk tipe ikan karnivora.

Selanjutnya ada makanan hidup atau telah dipeti-eskan, seperti ikan kecil, jangkrik, cacing, dan udang.

Beberapa panduan menjaga ikan khususnya dalam memberi makannya ialah pastikanlah kamu menghindar serangga dengan cangkang tebal dan tajam, terutamanya untuk arwana remaja.

Untuk jatah makan ikan arwana setiap harinya, kamu dapat memberi 2-3 kali setiap hari untuk arwana anakan sampai remaja dan 1 kali setiap hari untuk arwana dewasa.

3. Teratur Memiara Komunitas Arwana

Perawatan akuarium sebagai komunitas arwana penting buat jaga keberlangsungan hidupnya.

Seperti Beritaburung sebut dalam point pertama, ikan hasilkan kotoran dengan jumlah besar hingga rawan keadaan air jadi tidak sesuai keperluannya.

Adapun kotoran barusan bisa hasilkan zat-zat, seperti amonia, nitrit, dan nitrat yang beresiko dan beresiko beracun. Adapun type-tipe perawatan untuk jaga keadaan akuarium, salah satunya:

Harian: Pengujian filter, suhu air, dan keadaan akuarium dan semua aksesorisnya.
Mingguan: Pengukur pada kualitas air dan kandungan didalamnya minimal satu minggu sekali.
Bulanan: Tukar 10-20% air dalam akuarium sama air baru /minggu bila diperlukan. Disamping itu, kamu bisa juga menukar 25% dari keseluruhan air minimal 2-4 minggu sekali.

4. Pisah Arwana Dari Ikan Lain

Arwana terutamanya yang telah berumur dewasa selainnya mempunyai ukuran badan besar, akan memiliki sifat teritorial dan akan gampang terusik jika ada yang mengusik daerahnya.

Karena itu seharusnya pisah ikan dengan tipe ikan lain, terhitung untuk arwana semacamnya karena bisa sama-sama serang, lho.

Bila arwana akan dipertemukan dengan ikan lain, sebagian orang merekomendasikan tipe ikan memiliki ukuran semakin besar dibandingkan mereka.

Dan yang paling penting pilih ikan yang semakin besar dengan karakter jinak tidak untuk membentak arwana, seperti ikan lele besar, bass merak, dan yang lain.

5. Lihat Keadaan Arwana Bagus

Sesudah kamu pastikan beberapa hal di atas tercukupi saat kamu memiara ikan , semestinya piaraan kamu sekarang sedang pada keadaan sehat dan bagus.

Beberapa ciri-ciri yang mengisyaratkan ikan pada keadaan bagus seperti, mata ceria, makan dengan penuh semangat, berenang ke atas air, dan warna ceria bercahaya.

Selainnya keadaan komunitas dan makanannya, kamu perlu memerhatikan factor external. Satu diantaranya ialah memiara arwana di lokasi yang nyaman dan jauh dari keributan.

Karena bisa mengakibatkan ikan arwana depresi yang berbuntut pada munculnya beberapa penyakit.

6. Tingkatkan Performa Arwana

Ada banyak sistem yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas performa ikan dalam akuarium, salah satunya ialah tanning dan membuat arus bikinan.

Tanning sebuah sistem yang sudah dilakukan untuk tingkatkan warna ikan arwana, khususnya untuk tipe ikan super red.

Untuk lakukan salah satunya langkah memiara ikan supaya performanya menarik ini dengan memakai tanning light yang disiapkan dalam akuarium sejak dari awalnya.

Pakai latar belakang akuarium warna polos supaya ikan terlihat terang serta lebih lezat dilihat. Banyak kelompok pilih latar belakang hitam atau biru gelap.

Kamu dapat menempatkan tanning light di satu bagian sisi akuarium dengan melekatkannya langsung ke kaca akuarium.

Perawatan ikan di sisi performa bisa juga dilaksanakan dengan menambah arus bikinan dalam akuarium.

Ini mempunyai tujuan mengibarkan ekor dan sirip ikan saat berenang dalam akuarium. Hingga seolah-olah mereka mempunyai ekor dan sirip yang kelihatan panjang.

7. Kenali Permasalahan Kesehatan Umum Pada Arwana

Beberapa permasalahan kesehatan umum dijumpai pada arwana, seperti busuk sirip, jamur, infeksi bakteri, dan penyakit bintik putih (ich).

Biasanya ikan akan memperlihatkan gejala-gejala, contoh kehilangan selera makan, bintik di badan atau mulut, kelesuan, mata kotor, sirip berbeda warna, kembung, dan berenang tidak pasti.

Langkah menjaga ikan pada keadaan ini pasti cukup susah diatasi oleh pemula. Selekasnya meminta kontribusi ahli atau dokter hewan untuk memperoleh pengatasan yang akurat.

8. Budidaya Arwana Anakan

Menyaksikan harga ikan di pasar yang dibandrol dimulai dari juta-an sampai miliaran rupiah, kemungkinan membuat kamu berpikir untuk memulai lakukan budidaya, kan?

Di alam liar ikan  akan mulai bertelur sekitaran Desember sampai Januari. Arwana betina akan menempatkan telurnya yang selanjutnya akan dibuahi dan dierami dalam rongga mulut oleh arwana jantan.

Arwana jantan akan mendekami telur lebih kurang sepanjang 50 hari saat sebelum menetas. Sesudah 5 minggu menetas, baru arwana anakan akan keluar mulut induknya dan cari makanannya sendiri.

Tetapi budidaya ikan bukan hal yang gampang. Ini karena dimulai dari periode penyeleksian indukan sampai langkah menjaga ikan arwana anakan perlu pengetahuan dan pengatasan khusus, ya.

Demikian pembahasan berkenaan beberapa panduan dan langkah menjaga ikan yang dapat kamu kerjakan supaya piaraanmu ini pada keadaan bagus, berwarna bagus, dan berusia panjang.

Harga ikan yang termasuk mahal kemungkinan tidak pas untuk semua kelompok orang. Tetapi tetap banyak pula tipe ikan hias yang dapat dipiara dan punyai nilai eksotik yang tidak kalah hebat, kok!

Exit mobile version