Site icon Berita Burung

Mengenali Tehnologi Sensor Pada Smartphone

Sensor pada Smartphone

Mengenali Tehnologi Sensor Pada Smartphone

Beritaburung – Artikel ini sebagai kelanjutan dari artikel awalnya yang mengulas mengenai tehnologi sensor yang ada di Smartphone . Bila pada artikel awalnya nesabamedia.com sudah kupas berkenaan tipe dan langkah kerja sensor handphone, pada artikel ini kami akan mengulas berkenaan beberapa fungsi sensor handphone.

Sensor Handphone dan Perannya
Handphone dibungkus dengan beragam sensor, masing-masing mainkan peranan penting dalam aktifkan peranan yang lain. Berikut sensor yang umum dan sering diketemukan di umumnya handphone yang ada saat ini.

Accelerometer
Akselerometer merekam gerakan piranti anda di sejauh tiga sumbu mekanisme koordinat. Sumbu X menghitung gerakan piranti anda dari segi ke segi, sumbu Y menghitung gerakan di sejauh sisi atas dan bawah (terhitung gravitasi), dan sumbu Z menghitung gerakan maju dan mundur.

Memakai data yang didapat dengan menghitung pergerakan piranti, sensor ini akan hitung akselerasi anda. Info yang dihimpun ini selanjutnya dipakai oleh program untuk mengetahui arah, tujuan, dan kecepatan. Misalkan, program kesehatan menghitung arah dan kecepatan lari pagi anda.

Gyroscope
Giroskop menghitung perputaran di sejauh tiga sumbu mekanisme koordinat piranti. Ini mengetahui ukuran yang pas dari perputaran handphone anda dalam radian per detik.

Simpelnya, akselerometer menghitung pergerakan linier, dan giroskop menghitung pergerakan pojok. Ke-2 nya menyatukan peranan aktivasi seperti perputaran automatis, dan dipakai untuk games yang sensitif pada pergerakan seperti Temple Run atau Asphalt 9.

Magnetometer
Magnetometer mengetahui tujuan handphone anda sesuai medan magnet bumi. Sensor ini penting untuk program navigasi dan kompas karena menolong handphone anda mengenali arah dan sesuaikan peta.

GPS
Seperti magnetometer, Global Positioning Sistem (GPS) ialah sensor dengan antena untuk menolong navigasi. Ini terima signal terus-terusan dari satelit yang menolong hitung jarak yang dilakukan dan lokasi handphone anda.

Saat signal diterima, sensor GPS merekam lokasi. Bergantung pada ketidaksamaan waktu di antara dua signal, jarak dihitung. Program navigasi memakai GPS dan magnetometer untuk mengenali lokasi dan arah.

Sensor Sinar Sekitaran
Sensor sinar sekitaran menghitung intensif sinar disekitaran piranti. Sensor ini mengetahui peralihan kecemerlangan lingkungan dan merekam intensitasnya.

Bila feature kecemerlangan automatis diaktifkan, data dari sensor sinar sekitaran menolong sesuaikan kecemerlangan monitor sama sesuai sinar di ruang. Kecemerlangan automatis ialah feature yang paling bermanfaat, tapi bila anda ingin mengganti kecemerlangan dengan manual, anda bisa menonaktifkannya.

Sensor jarak
Sensor jarak mengetahui berapa dekat object tertentu dengan handphone anda. Contoh secara singkat ialah monitor handphone anda mati saat anda mengusung dan menjawab panggilan. Ini menolong mengirit battery dan menghindar ketukan yang tidak tersengaja sepanjang panggilan telephone.

Dalam perumpamaan ini, sensor jarak bekerja dengan menghitung jarak di antara monitor dan telinga anda, dan saat jaraknya sama dengan nilai yang diputuskan, monitor akan mati saat sebelum telinga anda sentuh monitor.

Sensor Hall
Sensor Hall benar-benar serupa dengan sensor jarak, terkecuali mengetahui peralihan medan magnet disekitaran piranti. Saat rasakan peralihan medan magnet, dia mengirim data ini ke processor, mematikan monitor handphone. Sensor ini khusus dipakai untuk mengetahui magnet pada flip cover.

Saat anda tutup flip cover, magnet akan dekat sama piranti dan mengusik medan magnet disekitaran piranti. Ini memberikan kode ke processor untuk mematikan monitor. Saat penutup terbuka, medan magnet normal kembali, dan monitor kembali berpijar.

Sensor Biometrik
Sensor biometrik memakai atribut fisik untuk analisis dan umumnya dipakai untuk maksud keamanan. Karena feature fisik seperti sidik jemari, irislah mata, dan muka unik untuk seorang, memakainya untuk otentikasi identitas memberi pelindungan yang dipertingkat.

Beberapa sensor biometrik yang diketemukan di Smartphone ialah:

Fingerprint Scanner: Sensor ini memakai permukaan kapasitif untuk hasilkan signal listrik berdasar lekukan jemari anda saat menempatkan jemari di pemindai.
Sensor Irislah: Sensor ini memakai sinar inframerah tidak kelihatan untuk tangkap dan mengetahui skema irislah mata anda.

Sensor Atmosfer
Sensor atmosfer mengetahui beberapa faktor disekitaran piranti anda seperti penekanan atmosfer, temperatur sekitaran, kelembapan udara, dan lain-lain. Sensor atmosfer mencakup:

Termometer: Menghitung temperatur piranti dan sekelilingnya.
Acuan: Menghitung penekanan udara disekelilingnya. Saat penekanan bertambah bersamaan ketinggian, acuan mengenali ketinggian anda dengan memperbandingkan penekanan yang direkam di handphone dengan rekaman stasiun cuaca paling dekat.

Sensor kelembapan udara: Sensor ini menghitung kelembapan udara disekitaran anda.

Benar-benar Penting untuk Smartphone
Sensor ialah piranti yang membuat handphone anda lebih pandai. Ini ialah tehnologi ajaib yang menolong processor aktifkan beragam feature. Sementara beberapa sensor seperti akselerometer dan giroskop banyak memiliki program, lainnya seperti sensor sinar sekitaran dan hall mempunyai peranan khusus.

Sensor yang berada di artikel ini dapat diketemukan di umumnya Smartphone yang ada sekarang ini. Dan seiringnya waktu, seperti tehnologi yang lain, sensor jadi lebih singkat, irit energi dan makin andal. Ini memungkinkannya pabrikasi handphone untuk berisi semakin banyak feature.

 

Exit mobile version