Site icon Berita Burung

MENGENAL FUNGSI TASKBAR DI BAGIAN BAWAH MONITOR COMPUTER

MENGENAL FUNGSI TASKBAR DI BAGIAN BAWAH MONITOR COMPUTER

Berita Burung – Taskbar ialah sebuah komponen grafis antar-muka yang menghampar di bagian bawah monitor computer. Taskbar terbagi dalam bagian-bagian seperti tombol Start, program yang dipasangkan, dan tempat pemberitahuan.

Taskbar berperan untuk cari dan buka program computer lewat tombol Start Menu. Disamping itu, pemakai dapat menyaksikan program yang terbuka lewat komponen ini.

Taskbar berisi beragam icon program yang sesuai jendela yang terbuka. Jika pemakai mengeklik icon ini, karena itu pemakai bisa berpindah dari 1 program ke program yang lain.

Taskbar pertama kalinya dikenalkan oleh Microsoft Windows 95 dan terus ada pada versus Windows seterusnya. Untuk pemakai computer Apple Macintosh, istilah taskbar biasa disebutkan dengan Dock.

Perubahan mekanisme operasi dan design antar-muka yang makin cepat jadikan makin bertambah komponen khusus yang diintegrasikan pada taskbar.

Bagian Taskbar Windows 10

Berikut beberapa bagian umum taskbar pada mekanisme operasi Windows 10.

1. Start Menu (Start button) Pada Taskbar

Start menu ialah sebuah komponen antar-muka pemakai grafis berbentuk tombol sebagai titik pusat untuk mengawali program computer dan untuk lakukan beberapa tugas yang lain.

Jika tombol ini di-click, maka ada daftar program yang ada pada computer, dan daftar document yang terbaru dibuka. Disamping itu ada akses ke arah penataan mekanisme.

2. Program yang Dipasangkan (Pinned Apps) Pada Taskbar

Pinned Apps ialah jejeran icon program yang dipasangkan pada taskbar. Pemakai bisa pilih dan atur sendiri program yang dipasangkan untuk memperoleh akses yang lebih singkat.

Disamping itu, di bagian ini kelihatan icon program yang terbuka. Pemakai bisa berpindah dari 1 program ke program yang lain dengan mengeklik icon di bagian ini.

3. Tempat Pemberitahuan Pada Taskbar (Notification Tempat)

Notification tempat ialah sisi dari taskbar yang tampilkan feature mekanisme yang tidak ada pada desktop. Sisi ini umumnya ada di samping kanan taskbar. Notification tempat biasanya tampilkan status operasi sebuah program.

Misalkan saat computer sedang tersambung dengan printer karena itu notification tempat akan munculkan icon printer untuk memperlihatkan jika tugas bikin sedang berjalan. Disamping itu, sisi ini dapat juga berisi feature umum yang lain seperti volume speaker computer, status jaringan, status battery pada netbook, dan lain-lain.

4. Waktu dan Tanggal Pada Taskbar (Time and Date)

Time and Date ialah sisi dari taskbar yang memperlihatkan waktu dan tanggal sesuai lokasi pemakai. Sisi ini biasanya berada pada samping kanan.

Pada Windows 10, sisi Time and Date akan munculkan penampilan kalender jika di-click. Pemakai dapat manfaatkan feature pengingat jadwal di bagian ini. Selainnya beberapa bagian umum di atas, taskbar mempunyai sisi yang lain seperti Search Bar dan Notification.

Menngutip salah satunya situs dari teknogram.id, search bar atau kolom penelusuran ialah komponen yang berperan untuk cari program, document, dan info yang lain dengan menuliskan nama pada kolom yang ada.

Adapun Notification ialah sisi yang berisi info pernyataan atau status operasi detil dari program computer. Pada Windows 10, sisi notification berisi beberapa feature yang lain seperti tablet model, location, baterai saver, bluetooth, night light, dan ada banyak kembali.

Exit mobile version