Site icon Berita Burung

7 Manfaat Ikan Patin untuk Bayi | Dukung Pertumbuhan Tulang, Gigi hingga Otak !

Beritaburung – Manfaat Ikan Patin merupakan salah satu makanan laut yang kerap diolah dan dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat. Mulai dari olahan ikan goreng, ikan bakar, tumis, pindang, hingga ikan kuah santan yang bercita rasa gurih. Banyaknya jenis ikan pun memberikan pilihan yang semakin beragam bagi masyarakat untuk olahan menu harian.

Salah satu jenis ikan yang cukup populer dan banyak digemari adalah ikan patin. Ikan jenis ini mempunyai cita rasa gurih dan sedikit manis. Dilihat dari teksturnya, daging ikan patin mirip seperti ikan lele, empuk dan lembut. Lebih dari itu, ikan patin mengandung banyak nutrisi baik. Mulai dari karbohidrat, energi, protein, lemak, fosfor, kalium, kalsium, hingga vitamin B.

Tak heran, jika konsumsi ikan patin dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan. Bukan hanya untuk orang dewasa, ikan patin juga memiliki beragam manfaat untuk bayi. Manfaat ikan patin untuk bayi dikatakan dapat menjadi sumber protein, membantu menambah masa otot, mendukung pertumbuhan tulang dan gigi, dan sumber nutrisi baik untuk kecerdasan otak.

Selain itu, manfaat ikan patin untuk bayi juga dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung yang lebih baik, hingga mencegah stunting. Tentu ini menjadi pilihan makanan sehat untuk asupan sehari-hari anak.

Manfaat Ikan Patin: Sumber Protein, Menambah Massa Otot, Pertumbuhan Tulang dan Gigi

  • Sumber Protein

Manfaat ikan patin untuk bayi yang pertama adalah sebagai sumber protein. Perlu diketahui, ikan patin memiliki kandungan protein tinggi yang dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi bayi. Kandungan ini juga dapat mendukung pertumbuhan sel dalam tubuh dengan baik.

Bukan hanya itu, protein juga dibutuhkan untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan bayi secara keseluruhan. Dengan begitu, ikan patin bisa menjadi pilihan makanan yang baik dan bernutrisi untuk konsumsi sehari-hari balita Anda.

  • Menambah Massa Otot

Manfaat ikan patin untuk bayi berikutnya dapat menambah massa otot. Memberikan asupan gizi yang cukup pada bayi, tentu dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh lebih baik. Asupan gizi ini juga dapat membantu pertumbuhan otot pada bayi secara efektif. Dengan begitu, bayi dapat memiliki fisik yang kuat sehingga dapat mendukung aktivitas motorik yang lebih aktif da lincah.

  • Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat ikan patin untuk bayi selanjutnya dapat mendukung pertumbuhan tulang dan gigi dengan baik. Manfaat ini didapatkan dari kandungan kalsium yang cukup tinggi pada ikan patin. Kalsium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selama masa pertumbuhan fisik, terutama saat usia anak.

Selain itu, ikan patin juga memiliki kandungan fosfor yang berfungsi menguatkan tulang dan gigi. Baik kalsium atau fosfor, adalah dua zat penting yang dibutuhkan bayi selama masa pertumbuhan. Sehingga ibu perlu mencukupi asupan nutrisi ini dengan baik demi perkembangan anak.

Manfaat Ikan Patin: Mendukung Kesehatan Jantung, Mencegah Stunting

  • Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat ikan patin untuk bayi selanjutnya dapat mendukung kesehatan jantung. Dalam hal ini, ikan patin memiliki kandungan lemak tak jenuh yang diketahui sangat bermanfaat untuk menjaga jantung tetap sehat. Bukan hanya itu, kandungan ini juga berfungsi menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Terlebih lagi, usia bayi dinilai masih rentan karena organ-organ dalam tubuh belum berkembang secara maksimal. Dengan begitu, mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik dapat mendukung perkembangan tubuh dan organ anak, serta menjaga anak tetap sehat.

  • Mencegah Stunting

Manfaat ikan patin untuk bayi terakhir namun tak kalah penting, yaitu dapat mencegah stunting. Seperti diketahui, stunting menjadi masalah besar bagi masyarakat, termasuk Indonesia, di mana anak tidak dapat tumbuh dengan baik dan optimal karena kurangnya asupan gizi selama masa pertumbuhan.

Dengan begitu, penting bagi para orang tua untuk memberikan makanan yang bernutrisi tinggi pada anak, sejak bayi hingga selama masa pertumbuhannya. Dalam hal ini, memberikan konsumsi ikan patin dapat membantu mencukupi asupan harian yang dibutuhkan anak. Terutama kandungan protein, kalsium, dan fosfor yang cukup tinggi pada ikan patin, dapat mendukung pertumbuhan tulang lebih baik dan mencegah risiko stunting.

Exit mobile version