Site icon Berita Burung

Hal yang Bisa Bikin Sehat Finansial !

https://beritaburung.id/

Hal yang Bisa Bikin Sehat Finansial !

BeritaBurung – Hal yang Bisa Bikin Sehat Finansial ! Akhirnya pernikahan impian yang sudah direncanakan sejak lama bisa terwujud juga. Pasti ada rasa bangga yang terasa ketika akhirnya bisa menyelenggarakan pesta pernikahan sesuai dengan konsep yang diinginkan, bahkan dengan tabungan sendiri.

Tapi, perjuangan ternyata nggak berhenti sampai pada resepsi pernikahan saja. Begitu pesta usai, keluarga kecil yang baru dimiliki ini akan membutuhkan banyak perjuangan di masa depan. Salah satunya adalah soal hal-hal yang perlu dipikirkan dan disepakati demi sehat finansial di masa depan. Apa saja sih yang perlu diperhatikan?

Bisa Bikin Sehat Finansial Bekerjasama Atur Gaji Jika Keduanya Bekerja

Hal yang Bisa Bikin Sehat Finansial !

Kalau hanya suami yang berpenghasilan, jelas segala kebutuhan rumah tangga akan menggunakan gaji suami. Tapi, bagaimana jika istri juga bekerja atau memiliki penghasilan dari bisnis yang dijalankan? Butuh kesepakatan & kerja sama yang baik agar gaji yang didapatkan bisa digunakan untuk mengatur keuangan keluarga.

Misalnya, dengan membuat kesepakatan jika seluruh kebutuhan rumah tangga akan ditanggung suami, sementara uang istri akan menjadi dana tabungan atau investasi lainnya.

Bisa juga dengan membagi pengeluaran bulanan, misalnya saja suami yang berkewajiban untuk membiayai kebutuhan sehari-hari dan istri yang membayar tagihan bulanan. Bicarakan dan temukan mana skema yang baik untuk menjaga keuangan keluarga tetap sehat.

Baca Juga Yah : Ulasan Tentang SLR dan DSLR Di Dunia Photografi Untuk Pemula

Bisa Bikin Sehat Finansial Beli Rumah atau Kendaraan Dulu Ya?

Bagi yang baru memiliki keluarga kecil, sering kali merasa banyak kebutuhan yang harus dipenuhi demi kenyamanan keluarga. Misalnya saja menentukan beli rumah atau mobil terlebih dulu. Well, sebenarnya hal tersebut tergantung dengan kebutuhan dan prioritas masing-masing pasangan.

Beli rumah memang seringnya menjadi prioritas, karena harga properti yang terus merangkak naik. Selain itu, tinggal di rumah orang tua atau pindah-pindah kontrakan terlalu lama juga menjadi hal yang cukup merepotkan.

Mulai menabung untuk membeli rumah atau mengajukan KPR bisa jadi prioritas keuangan saat ini.

Namun, membeli mobil juga bisa jadi prioritas jika ada memang tingkat kegunaannya lebih dibutuhkan. Misalnya saja bagi yang menjalankan bisnis sendiri sehingga membutuhkan mobil untuk mobilitas hingga mengangkut barang, beli mobil bisa diutamakan.

Jika bisnis berjalan lancar, tentunya seiring dengan berjalannya waktu akan ada keuntungan yang bisa digunakan untuk membeli rumah.

Bisa Bikin Sehat Finansial Bagi Pasangan LDM, Mengatur Budget Transportasi Jadi Hal Prioritas

Hal yang Bisa Bikin Sehat Finansial !

Memutuskan untuk menjalani long distance marriage alias LDM menjadi hal yang umum terjadi pada pasangan yang bekerja di kota yang berbeda. Jika kamu termasuk salah satunya, budget transportasi menjadi pengeluaran yang wajib dianggarkan secara rutin.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal pulang secara rutin yang disesuaikan dengan jarak dan biaya. Jika sudah ditemui kesepakatan, misalnya sebulan sekali, maka anggaran transportasi wajib masuk dalam pengeluaran bulanan rutin. Hal ini penting supaya biaya LDM nggak membuat keuangan jadi berantakan.

Jangan Lupa Investasi Masa Depan Bisa Bikin Sehat Finansial

Ngobrolin soal finansial yang sehat, jelas nggak boleh dilewatkan dari poin yang satu ini. Menabung saja nggak cukup, kini kamu juga perlu memikirkan investasi untuk masa depan keluarga. Banyak instrumen investasi yang bisa dipelajari, salah satunya yang direkomendasikan untuk pemula adalah emas karena harganya yang cenderung stabil dan minim risiko.

Selain itu, ada juga reksadana dan saham yang menjadi salah satu instrumen yang banyak disukai oleh generasi kekinian yang sudah melek finansial. Namun, jangan hanya asal ikut-ikutan jika ingin mulai berinvestasi reksadana atau saham.

Pastikan kamu benar-benar mempelajari dan memahami aturan mainnya supaya uang yang diinvestasikan nggak sia-sia. Hindari juga investasi dengan iming-iming keuntungan besar, karena besar kemungkinan hanya abal-abal.

Mengatur Anggaran Bulanan yang Jadi Prioritas

Ini dia hal paling mendasar tapi penting demi terwujudnya sehat finansial di masa depan. Buatlah skema cashflow yang jelas setiap bulannya, yang dimulai dari berapa pemasukan dan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan.

Buatlah budget untuk masing-masing pengeluaran untuk mengontrol agar tidak besar pasak daripada tiang.

Begitu momen gajian tiba, jangan lupa selesaikan dulu pembayaran berbagai tagihan yang ada, mulai dari listrik, air, internet, hingga kebutuhan pulsa setiap bulannya. Untungnya untuk segala keperluan transaksi,

sekarang sudah ada dompet digital yang memberikan kepraktisan dan rasa aman yakni DANA Bisa Bikin Sehat Finansial

DANA menjamin penggunanya bisa Bebas Cemas bertransaksi dengan perlindungan DANA Protection. Salah satunya ialah perlindungan berlapis PIN, Kode OTP dan DANA Viz yang bikin transaksi makin aman & sulit untuk disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab.

Yang lebih bikin tenang lagi, DANA juga memberikan Garansi 100% Uang Kembali jika terjadi kendala dalam transaksi sesuai syarat & ketentuan yang berlaku. Dengan begini kamu gak perlu takut uang hilang dan urusan transaksimu jadi #BebasDrama.

Yuk, saatnya mengatur keuangan keluarga kecilmu sekarang juga demi sehat finansial di masa depan. Jangan lupa download dan pakai aplikasi DANA sekarang biar transaksimu aman & hidup tenang!

Baca Juga Yah : Begadang Hingga Hampir Merenggut Nyawa

Exit mobile version