Site icon Berita Burung

China Luncurkan Kapal Induk Ke 3 buatan dalam negri

China Luncurkan Kapal Induk Ke 3 buatan dalam negri

China mengeluarkan kapal induk ke-3 nya yang direncanakan dan dibuat dalam negeri. Ini dipandang sebagai perkembangan militer besar untuk negara adidaya Asia itu.

Seperti dikutip AFP, Jumat (17/6/2022), tv pemerintahan CCTV memberikan laporan jika kapal induk ke-3 China itu dikeluarkan di galangan kapal Shanghai dengan semarak pada Jumat (17/6) waktu di tempat. Kapal induk ke-3 untuk Tentara Pembebasan Rakyat, nama sah militer China, itu dikatakan sebagai ‘Tipe 003’.

“Kapal induk tipe catapult pertama kali yang seutuhnya direncanakan dan dibuat oleh China,” sebutkan CCTV dalam laporannya.

Informasi ini dikatakan saat kemelut di antara China dan Amerika Serikat (AS) makin bertambah secara berarti dalam beberapa minggu paling akhir, khususnya berkaitan perlakuan dan perkataan Beijing atas Taiwan yang mempunyai pemerintah sendiri, tetapi tetap dipandang seperti sisi daerah kedaulatan China.

China berkali-kali mengirim beberapa kapal perangnya melewati Selat Taiwan yang pisahkan ke-2 daerah, dan sering memakai jet-jet tempurnya untuk menyingkirkan patroli kebebasan navigasi dari AS dan sekutu-sekutunya.

Mempunyai nama sah Fujian, kapal induk terkini ini secara tehnis lebih hebat dibanding beberapa kapal induk China yang lain.

Laporan Associated Press menyebutkan kapal induk Fujian diperlengkapi dengan persenjataan dan tehnologi penyeluncuran pesawat terkini, yang jadikan kekuatan kapal induk China itu dipandang menandingi beberapa kapal induk Barat.

Kapal induk ini jadi kapal induk ke-2 yang dibuat seutuhnya dalam daerah China. Tetapi, akan memerlukan waktu sepanjang tahun untuk kapal induk Fujian itu untuk capai kemampuan operasional. Kementerian Pertahanan China belum umumkan tanggal untuk mulai beroperasinya kapal induk terkini itu.

“Eksperimen pelayaran dan tes tambat akan dilaksanakan sama sesuai gagasan sesudah kapal dikeluarkan,” begitu seperti disampaikan CCTV.

China dijumpai mempunyai dua kapal induk yang saat ini sedang bekerja. Kapal induk Liaoning mulai ditugaskan semenjak tahun 2012, dan kapal induk Shandong mulai bekerja semenjak tahun 2019.

Berlainan dengan Fujian, ke-2 kapal induk itu memakai basis style ski-jump untuk jet-jet tempur untuk tinggal landas dan tidak mempunyai mekanisme catapult atau pelontar.

 

Exit mobile version