Site icon Berita Burung

Batu Night Spectacular

Malang memang memiliki banyak sekali objek wisata yang ramah untuk keluarga, salah satu tempat wisata favorit yang paling banyak dikunjungi para wisatawan adalah Batu Night Spectacular atau sering juga disebut BNS.

BNS menjadi objek wisata spektakuler di Malang Raya, sajian berbagai wahana yang beragam membuat para pengunjung merasa puas menikmati permainan dari yang sederhana sampai ke permainan yang memacu adrenalin.

Objek wisata ini bisa dinikmati segala umur, jadi jika kalian liburan keluarga ke sini pasti bakal seru banget guys. Karena berada di dataran tinggi, pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan gemerlapnya Kota Malang.

Batu Night Spectacular

BNS merupakan lokawisata yang berada dalam Jatim Park Group. Objek wisata ini hanya beroperasi pada malam hari. BNS sangat unik, karena menggabungkan beberapa konsep, yaitu perbelanjaan, permainan, olahraga dan juga hiburan.

Tempat wisata ini diresmikan pada tanggal 30 November 2008 dengan nilai pembangunan mencapai Rp 16 miliar dengan luas areanya sekitar 3.000 m2.

BNS memang menjadi tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan, selain banyaknya wahana menarik dan seru, adanya fasilitas lengkap yang mendukung kegiatan para wisatawan ketika berkunjung juga menjadi privilege tempat ini.

Lokasi Batu Night Spectacular

Wisata BNS terletak di Jalan Hayam Wuruk No. 1, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk akses jalannya sendiri sangat mudah, karena banyak petunjuk jalan menuju ke titik lokasi.

Ketika berada di wahana hiburan ini kalian akan merasakan hawa sejuk Kota Batu di malam hari, karena memang topografi Kota Batu adalah dataran tinggi.

Jalan Menuju Batu Night Spectacular

Seperti yang mimin jelaskan diatas tadi, bahwa jalan menuju ke titik lokasi sangat mudah. Kalian bisa menuju ke BNS menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum.

Jika menggunakan transportasi umum, dari pusat Kota Malang arahkan kendaraan menuju ke Terminal Landungsari. Dari terminal tersebut naiklah kendaraan umum yang menuju ke Terminal Batu. Dari Terminal Batu pilih angkot BJL lalu setelah itu sampailah di titik lokasi.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan kendaraan pribadi pastinya akan jauh lebih mudah. Dari pusat Kota Malang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit saja untuk sampai di titik lokasi.

Tiket Masuk Batu Night Spectacular

Berikut adalah beberapa informasi jenis tiket masuk ke BNS:

  • Hari biasa Rp 30.000,- per orang.
  • Akhir pekan dan hari libur Rp 40.000,- per orang.
  • Tiket terusan di hari biasa Rp 99.000,- per orang.
  • Tiket terusan di hari libur dan akhir pekan Rp 120.000,- per orang.
  • Tiket sakti Rp 375.000,- per orang.
  • Tiket super sakti Rp 450.000,- per orang.

Tiket tersebut diatas bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengunjung, dan anak dengan tinggi diatas 85 cm dikenai biaya tiket masuk seperti biasa.

Jam Buka Batu Night Spectacular

Untuk jam operasional BNS berbeda-beda, yaitu:

  • Senin-Kamis pukul 15.00-23.00 WIB
  • Jumat, Sabtu, Minggu dan tanggal merah pukul 15.00-24.00 WIB

Tentunya akan sangat menyenangkan sekali ya guys menghabiskan malam liburan akhir pekan ataupun libur panjang di wisata hiburan malam ini.

Fasilitas di Batu Night Spectacular

Sebagai objek wisata malam yang populer, BNS sudah dilengkapi dengan fasilitas yang sangat lengkap untuk memanjakan para pengunjung. Bukan Cuma fasilitas untuk kebutuhan dasar saja, tapi tempat ini juga memiliki beragam fasilitas lainnya.

Mulai dari food fiesta and food court, pusat oleh-oleh, pasar wisata dan fasilitas dasar yang meliputi mushola, ruang P3K, toilet dan kamar mandi yang bersih serta area parkir yang sangat luas.

Wahana Seru di Batu Night Spectacular

Berikut adalah wahana-wahana seru yang bisa kalian nikmati ketika mengunjungi BNS:

1. Spectacular Show

Wahana pertama adalah spectacular show, tempat ini ditandai dengan adanya parade Later Show dengan lampu cantik berwarna-warni yang akan membuatmu terpukau.

Di tempat ini juga ada air mancur menari yang sangat unik, air mancur tersebut menjulang tinggi seperti menara bergerak dengan laser, selain itu air mancur itu menari mengikuti alunan lagu seperti pop rock hingga dangdut koplo loh.

Pasti pertunjukan yang disajikan keren banget ya guys, keindahan air mancur tersebut sangat cocok dinikmati sembari bersantai selepas bermain di wahana lainnya.

2. Lampion Garden atau Taman Lampion

https://www.instagram.com/erra.opika/

Di area ini, kamu akan disambut dengan berbagai jenis lampion yang indah dan cantik. Lampion-lampion tersebut dibentuk dengan berbagai macam jenis hewan, bangunan serta karakter kartun.

Yang paling menarik adalah kereta kencana yang juga terbuat dari lampion. Layaknya kereta sungguhan dari negeri dongeng, kereta tersebut bersinar lengkap dengan kudanya.

Menikmati malam di taman yang penuh dengan lampu berwarna-warni  pasti sangat menyenangkan. Apalagi jika suasana malamnya dingin, akan sedikit lebih hangat ketika ditekan lampu-lampu berbentuk unik itu.

3. Bioskop 4D

https://www.instagram.com/mitaroyya/

Ketika berada di BNS kalian juga bisa nonton film di Bioskop 4 Dimensi. Di wahana ini kamu akan diajak merasakan sensasi berpetualang dalam film 4D.

Untuk merasakan efek 4D itu, para pengunjung akan duduk di sebuah kursi dan diberi kacamata khusus selama menonton film. Bukan hanya visual dan gerak saja, tapi indera perasa pengunjung juga diajak untuk merasakan serunya film 4D ini.

Pastinya seru banget ya guys jika kita juga ikut merasakan suasana seperti di film yang diputar itu. Apalagi jika kamu belum pernah nonton bioskop 4D tentunya akan berkesan banget ya.

4. Sepeda Udara

https://www.instagram.com/amazingmalang/

Seperti namanya, inti dari permainan ini adalah menarik sepeda seperti biasa namun dilakukan di udara. Cara mengayuh sepedanya pun sangat mudah, pengunjung akan diajak menaiki sebuah sepeda dengan kapasitas dua orang di dalam sebuah rel.

Kemudian pengunjung tinggal mengayuh sepeda tersebut untuk menelusuri rel yang sudah tersedia. Ketika menaiki wahana ini, kalian akan merasakan mengayuh sepeda dengan sensasi melayang di udara.

Dengan lintasan yang panjang mengelilingi BNS, kamu juga bisa menikmati pemandangan BNS serta indahnya Kota Malang dari ketinggian. Sepeda udara ini juga bisa diputar horizontal 360 derajat supaya pengunjung bisa benar-benar menikmati pemandangan dan berfoto ria.

5. Gravitron

Untuk menemukan wahana satu ini sangatlah mudah. dari pintu masuk BNS sudah terlihat Gravitron dari kejauhan. Tinggal berjalan beberapa langkah saja sudah bisa menemukan penampakan benda semacam UFO atau piring terbang yang dianggap sebagai kendaraan alien.

Disekeliling UFO tersebut dihiasi lampu berwarna-warni nan menyilaukan mata. Di salah satu sisinya ada tangga yang terhubung langsung dengan pintu masuknya.

Masuk ke dalam UFO pengunjung akan disuguhi dengan interior layaknya di pesawat luar angkasa. Ketika berjalan, kalian diminta berdiri menempel di dinding. Lalu wahana ini akan berputar dengan sangat cepat.

Kecepatan putaran tersebut menimbulkan gaya sentripetal ke arah dinding luar. Akibatnya kita akan merasa berat badan nggak lagi mengarah ke bawah, tapi berubah ke arah dinding. Sensasi seperti itulah yang dimaksud dengan sensasi melawan gravitasi.

6. Flying Swinger

https://www.instagram.com/akm_camera/

Jika kalian mencoba flying swinger ini, maka keseruan malam akan semakin sempurna karena wahana ini cukup memacu adrenalin.

Di sini pengunjung akan merasakan sensasi melayang di udara dengan diputar-putar dan diayun-ayun. Selain diputar diayun, kalian juga bisa menikmati pemandangan lampu Kota Wisata Batu dan Malang Raya dari ketinggian.

Kalau kamu ingin mencobanya, pastikan kamu siap untuk merasakan keseruan dan kengerian dari wahana ini ya guys.

7. Circuit Go Kart

Circuit Go Kart BNS menjadi salah satu wahana menarik yang wajib dicoba. Dengan area yang dikelilingi ban dan memiliki standar keamanan internasional ini, kamu bisa memacu kecepatan gokart untuk merasakan sensasi menjadi seorang pembalap.

Sebelum melaju dengan go kart, kamu akan dilengkapi dengan pakaian balap lengkap dengan helm untuk perlengkapan keselamatan wahana ini.

Ada 2 jenis go kart yang disediakan, pertama go kart biasa dengan biaya Rp 50.000,- dan kedua adalah gokart tandem dengan harga Rp 75.000,-.

Selain ketujuh wahana diatas, sebenarnya masih ada lagi wahana lainnya yang juga tak kalah seru, seperti drag race, slalom test, laser show, magic square, kids zone, karaoke keluarga, carnival, trampoline, rumah hantu, night market, disco bumper car, games room dan masih banyak lagi yang lain.

Wisata Dekat Batu Night Spectacular

Karena BNS merupakan wisata hiburan malam tentunya sebelum kesini kalian ingin mengeksplor objek wisata lainnya yang masih berada di wilayah Batu. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata seru lainnya di dekat BNS:

1. Air Terjun Coban Rais

https://www.instagram.com/nunurizqoni22/

Destinasi wisata alam ini berada di Dusun Dresel Desa Oro-Oro Ombo, Batu Jawa Timur. Hanya berjarak sekitar 0,1 km dari BNS. Tempat ini sangat cocok untuk kalian para penggemar wisata alam.

Untuk mengunjungi air terjun ini jangan lupa untuk menyiapkan stamina, karena track menuju titik lokasi dari pintu masuk lumayan jauh.

Namun perjalanan melelahkan akan dibayar dengan keindahan air terjun serta area di sekitar nya yang begitu indah dan mempesona. Biaya tiket masuk kesini adalah Rp 10.000,- per orang.

2. Batu Secret Zoo (Jatim Park 2)

https://www.instagram.com/_mutia_29/

Terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo No. 9 Jawa Timur Park 2, Batu, objek wisata ini hanya berjarak sekitar 0,3 km dari BNS.

Kebun binatang Batu yang masih termasuk Jatim Park 2 ini memiliki konsep modern , dimana terdapat berbagai jenis koleksi satwa dari berbagai belahan dunia yang ditempatkan dalam kandang yang menyerupai habitat aslinya.

Untuk harga tiketnya sendiri adalah Rp 70.000,- per orang di hari biasa dan Rp 100.000 untuk hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah.

3. Wahana Edukasi Batu Eco Green Park

https://www.instagram.com/bagaz_aco_gazali/

Hanya berjarak sekitar 1,2 km dari BNS, objek wisata ini terletak di Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A, Kota Batu. Setiap harinya, tempat ini memiliki jam operasional pukul 09.00-17.00 WIB. Untuk htmnya yaitu Rp 40.000,- per orang di hari biasa dan Rp 60.000 per orang di weekend dan hari libur.

Objek wisata ini memiliki lebih dari 10 zona seru yang menyenangkan. Ada salah satu zona baru, di zona tersebut akan ditunjukkan demo memeras sapi perah Friesian Holstein (FH). Wisata ini sangat cocok untuk tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

4. Penginapan di Batu Night Spectacular

Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan, villa, homestay ataupun hotel dekat objek wisata BNS.

1. Sumber Hotel

https://www.instagram.com/sumberhotel_batu/

Hotel yang terletak di Jalan Darsono No. 14 ini memiliki jarak sekitar 0,2 km dari BNS. Tarif yang dikenakan mulai dari Rp 400.000,- per kamar, tergantung tipe kamar yang kamu pilih.

Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup lengkap ya guys, mulai dari kolam renang, taman, jaringan wifi yang bisa diakses selama 24 jam, aula, area parkir yang luas serta fasilitas di kamar seperti TV, AC, kamar mandi pribadi serta peralatan mandi

2. Hotel Metropole

https://www.instagram.com/hotelmetropolebatu/

Hotel yang memiliki jarak sekitar 0,3 km dari BNS ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, yaitu kamar yang nyaman, AC, TV, kamar mandi pribadi,  area parkir yang luas serta  jaringan wifi yang bisa di akses selama 24 jam.

Hotel Metropole terletak di Jl. Panglima Sudirman No.93, Pesanggrahan, Batu. Rate permalam ketika menginap disini adalah mulai dari Rp 595.000,- tergantung tipe kamar yang kalian pilih.

3. Arjuna Hotel Kota Batu

https://www.instagram.com/mansyurhasan_photography/

Arjuna Hotel terletak di Jl. Panglima Sudirman No. 37, Pesanggrahan, Kota Batu. Jarak dari BNS cukup dekat, yaitu sekitar 0,4 km.

Dengan tarif mulai dari Rp 285.000,- per malam, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh akomodasi ini, yaitu kamar nyaman lengkap dengan kamar mandi pribadi, AC, TV, jaringan wifi yang bisa diakses 24 jam, cafe serta memiliki area parkir yang luas.

4. Villa and Family Hotel Gradia

Akomodasi satu ini terletak di Jalan Ikhwan Hadi No. 47-49, Kota Batu, hanya berjarak sekitar 0,5 km dari BNS.

Fasilitas yang disediakan juga sudah lengkap seperti area parkir yang luas, kamar nyaman lengkap dengan AC, TV, kamar mandi pribadi dan peralatan mandi serta memiliki area parkir yang luas. Tarif permalamnya mulai dari Rp 360.000 hingga Rp 520.000,- tergantung tipe kamar yang kamu pilih.

Tips Wisata ke  Batu Night Spectacular

Ketika menghabiskan waktu liburan ke BNS, ada baiknya jika kalian memperhatikan beberapa tips dari mimin dibawah ini, semoga membantu ya guys.

  • Bawalah pakaian hangat, karena berada di dataran tinggi maka udara disini cukup dingin, apalagi ketika malam hari. Minimal bawa jaket atau sweater ya guys biar kamu nggak kedinginan.
  • Jika kamu memutuskan mengunjungi wahana hiburan ini pada akhir pekan atau di hari libur panjang lebih baik datang sejak awal, karena tempat ini sangat ramai dan penuh, ditambah dengan kendaraan yang mengantri untuk masuk ke kawasan ini.
  • Pastikan cuaca sedang tidak hujan ketika kamu berkunjung kesini, karena jika sedang hujan kalian nggak bisa menikmati serunya wahana yang ada di kompleks hiburan ini.
  • Meskipun dekat dengan ATM center tapi jangan lupa untuk membawa uang tunai yang cukup karena beberapa wahana tidak melayani pembayaran menggunakan kartu debit maupun kartu kredit.

Nah sobat travellers itu tadi ulasan mengenai Batu Night Spectacular atau BNS, sesuai dengan namanya wahana hiburan malam ini memang sangat spektakuler.

Jika kamu menghabiskan waktu liburan di Kota Batu jangan lupa untuk mampir ke sini ya guys, rasakan serunya wahana-wahana yang ada di sini. Apalagi jika kalian berlibur bersama rekan atau keluarga pasti akan tambah menyenangkan jika berkeliling di area hiburan ini.

Exit mobile version