Site icon Berita Burung

Angkor Wat, Kuil Buddha Terluas di Kamboja

Angkor Wat, Kuil Buddha Terluas di Kamboja

Beritaburung – Lakukan perjalanan rekreasi di Kamboja belum komplet bila belum singgah ke salah satunya kuil paling besar dan terluas yang berada di Kamboja yakni Angkor Wat. Angkor Wat sebuah kuil di Kamboja yang dibuat pada era keduabelas oleh Raja Suryavarman II.

Sebelumnya Angkor Wat sebagai kuil Hindu yang dibuat sebagai lambang persembahan ke Dewa Wishnu. Namun di akhir era keduabelas, peranan Angkor Wat sebagai kuil Hindu ganti jadi kuil untuk tempat melaksanakan ibadah untuk agama Budha.

Sekarang, salah satunya tempat rekreasi riwayat dan budaya yang berada di Siem Reap ini sudah dikukuhkan sebagai salah satunya peninggalan dunia oleh UNESCO dan berbeda peranan jadi tempat wisata yang dapat didatangi tiap pelancong yang tiba. Kemungkinan kamu berminat untuk bertandang ke Angkor Wat sahabat pelancong?

Ulasan Tempat Rekreasi Angkor Wat Kamboja

Alamat : Krong Siem Reap, KambojaMap : Click di siniJam membuka : wilayah Angkor dapat dijangkau 24 jam non-stop, kuil Angkor membuka semenjak jam 5 pagi waktu setempatHarga ticket masuk : ticket satu hari: USD 37, ticket tiga hari: USD 62 – 72, anak – anak di bawah 12 tahun gratis

Angkor Wat sebuah tempat rekreasi berbentuk kuil yang berdiri di tempat selebar 163 hektar dengan bangunan khusus berbentuk candi yang istimewa. Nama Angkor Wat datang dari bahasa Sansekerta. Angkor memiliki arti negara dan Wat memiliki arti candi atau kuil.

Sepanjang menelusuri di teritori ini, kamu bisa banyak mendapati dinding candi dengan relief unik dan prasasti – prasasti yang tertulis kalimat dalam bahasa Sansekerta. Banyak kegiatan rekreasi yang dapat kamu kerjakan sepanjang ada di sini mulai jalan – jalan, berpose dengan bangunan candi istimewa dan panorama yang cantik, dan dapat berkeliling-keliling untuk berekreasi kulineran.

Kadang-kadang kamu akan berjumpa monyet yang dikenali keramat dan berjumpa beberapa biksu yang jaga kuil. Kamu juga dapat berhubungan dengan beberapa biksu sambil minta doa. Dianjurkan, saat minta doa dari beberapa biksu kamu harus menyisihkan uang belanja kamu buat mereka ya sahabat pelancong!

Jalur ke Angkor Wat

Untuk bertandang ke arah tempat rekreasi monumental di Kamboja ini, perjalanan dapat diawali dari ibukota Kamboja yakni Phnom Penh ke arah Siem Reap, tempat Angkor Wat berdiri kuat semenjak era keduabelas.

Kamu dapat pilih transportasi bis ke Pub Street pada harga mulai USD 7. Dari Pub Street perjalanan dapat diteruskan dengan 2 opsi transportasi yakni sewa tuk – tuk atau naik sepeda. Bila kamu ingin memperoleh ongkos transportasi yang murah, karena itu kamu dapat pilih naik sepeda untuk sampai di Angkor.

Harga rental sepeda cuma USD 3 saja. Namun langkah ini benar-benar tidak disarankan karena jarak di antara Pub Street dengan Angkor Wat lebih kurang capai 50 km. Tentunya kamu akan lelah saat sampai di Angkor dan justru tidak dapat nikmati berlibur kamu.


Opsi terbaik ialah naik tuk – tuk yang mematok harga sewa dimulai dari USD 20. Tuk – tuk ini sebuah alat transportasi di Kamboja yang dapat bawa kamu berkeliling-keliling sepuasnya di teritori Angkor yang paling luas ini.

Oh iya, untuk kamu yang belum pernah naik tuk – tuk tidak boleh memikirkan tuk – tuk di Kamboja serupa dengan tuk – tuk yang berada di Thailand. Jika di Thailand tuk – tuknya lebih serupa dengan bajaj sementara di Kamboja design tuk – tuknya lebih serupa becak motor . Maka, angin sepoi – sepoi bisa menjadi rekan perjalanan kamu sepanjang naik tuk – tuk.

Karena Kamboja ini dekat sama Thailand, banyak adat atau budaya dari Kamboja yang sepintas berkesan serupa dengan Thailand. Jika perlu, selainnya jalan – jalan di Kamboja dan masihlah ada kesempatan untuk berlibur, perjalanan dapat kamu teruskan ke Thailand dengan naik pesawat.

Cari info beragam referensi tempat rekreasi yang dapat didatangi di Thailand supaya perjalanan rekreasi kamu membahagiakan. Baca : 10 Tempat Rekreasi di Thailand yang Harus Didatangi

Ticket Masuk Angkor Wat

Back to the topic, masuk teritori Angkor yang kamu harus kerjakan pertama kalinya ialah beli ticket masuk. Teritori Angkor yang mempunyai luas 163 hektar ini sediakan beberapa opsi paket ticket yang kamu dapat tentukan. Ada paket ticket harian, ticket 3 harian sampai ticket 7 hari untuk berjelajah di Angkor. Kamu ingin tentukan ticket yang mana kurang lebih sahabat pelancong?

Harga tiketnya cukup mahal. Untuk paket ticket satu hari atau one day ticket dibandrol dengan harga USD 37, sementara paket ticket hari dibandrol USD 62 dan paket ticket 7 hari dibandrol dengan harga USD 72. Sementara untuk anak – anak dengan umur di bawah 12 tahun tak perlu bayar ticket apa saja karena ticket masuk ke Angkor gratis. Anak – anak dengan umur di bawah 12 tahun perlu memperlihatkan paspor untuk dapat masuk di teritori Angkor.

Sesudah bayar pembelian ticket di loket, ticket yang telah dibeli itu akan dipotret oleh petugas dan nanti diprint dengan photo kamu yang diikutkan di dalamnya. Sesudah pembelian ticket usai, kamu dapat sepuasnya jalan – jalan di teritori Angkor dengan bersepeda, naik tuk – tuk atau jalan kaki selama tidak lelah.

Sarana Angkor Wat

Di kota tua Angkor, kamu akan melihat candi Budha yang istimewa komplet pada jalan – jalan penyambung dan mekanisme pengairan saluran yang diaplikasikan. Semua mekanisme tata kota, design arsitektur dan tata pengairan yang berbentuk saluran – saluran ini sebuah tehnologi maju pada jamannya.

Masuk di candi khusus Angkor Wat, kamu akan melihat halaman luas yang umum jadi tempat melangsungkan tarian tradisionil bangsa Khmer. Beberapa penari memakai aksesori serupa dengan penari Thailand. Semua pelancong dapat nikmati tontonan ini dengan gratis bila memang berpeluang melihatnya karena pagelaran tarian tradisionil ini tidak berjalan tiap hari.

Di kompleks kuil Angkor, ada sebuah tempat yang bangunannya jadi tempat tumbuhnya pohon raksasa dengan akar yang besar sekali. Akar pohon itu bahkan juga berkesan seperti tangan raksasa yang mencekram bangunan kuil karena sangat besarnya.


Tempat yang namanya Ta Prohm ini sering jadi spot photo – photo beberapa pelancong karena kesan-kesan unik yang dijajakan. Beberapa lalu, spot ini sempat jadi tempat tembakan film yang diperankan oleh Angelina Jolie. Film itu dengan judul Tomb Raider.

Di bagian dalam kuil, ada sebuah kolam yang sekarang tidak lagi diisi air. Kolam kering itu sering jadi tempat duduk dan santai beberapa pengunjung sesudah capek telusuri tempat kuil Angkor yang luas. Saat telusuri kuil, kamu akan mendapati sebuah prasasti dengan pahatan berbahasa Sansekerta yang bercerita cerita mengenai kemenangan Suryavarman II di periode perang.

Makna tulisan pada prasasti itu ialah jika Raja Suryavarman II memenangkan perang dengan melonjak ke punggung gajah perang lawan sekalian membunuh lawannya seperti garuda yang membunuh ular naga.

Di kompleks Angkor Wat ini ada sebuah danau luas dengan panorama candi istimewa yang kerap jadi tempat photografer hunting photo. Daya tarik danau ini makin memikat saat sunset akan datang pada sore hari. Danau yang aslinya warna hijau dikit demi sedikit akan bersatu dengan kemilau sinar matahari yang akan tenggelam tersisa daya tarik orange kemerahan yang cantik. Dokumentasikan peristiwa hebat kamu sepanjang ada di Angkor Wat.

Ada Apa Kembali?


Selainnya Angkor Wat, tempat rekreasi di Kamboja yang dapat menjadi arah rekreasi kamu saat di Angkor ialah Candi Bayon atau Candi Seribu Muka. Candi ini benar-benar spesial dengan relief muka memiliki ukuran raksasa di pucuk bangunan.

Muka yang terukir ialah muka Avalokiteshvara. Avalokiteshvara ini sebagai realisasi welas asih Si Budha. Oleh karenanya mukanya memperlihatkan senyum. Jumlah muka Avalokiteshvara yang diukir capai 216 pahatan dan menghias 54 menara di Candi Bayon.

Sepanjang ada di Angkor, ada beberapa rekreasi kulineran yang hendak temani perjalanan rekreasi kamu . Maka kamu tidak akan sampai kelaparan. Banyak makanan street food yang dapat kamu membeli dengan harga terjangkau dimulai dari es kopi susu, acar buah, dan kue chive yang fantastis.

Kamboja sebuah negara tropis hingga kamu dapat bertandang kesini kapan saja kamu ingin. Tetapi untuk memperoleh hasil optimal, kamu disarankan tiba ke Kamboja pada musim kemarau karena akan membuat kamu bisa mengeksploitasi beragam lokasi yang berada di Kamboja tanpa perlu takut terjerat hujan.

Tetapi jika kamu ingin nikmati festival air yang terkenal diadakan pada musim penghujan, kamu dapat tiba ke Kamboja pada bulan November. Namun jika belumlah cukup dana nih untuk liburan di Kamboja, berlibur di Indonesia juga cukup oke. Banyak kok tempat rekreasi di Indonesia yang tidak kalah menarik dari rekreasi luar negeri.

 

Exit mobile version