Site icon Berita Burung

7 Langkah Menjaga Burung Supaya Sehat dan Berusia Panjang

7 Langkah Menjaga Burung Supaya Sehat dan Berusia Panjang

Sahabat beritaburung sukai bangun pada pagi hari dengan suara kicauan burung yang merdu? Lihat langkah menjaganya di dalam rumah!

Selainnya kucing dan anjing, burung ialah hewan yang terkenal untuk dipiara di dalam rumah. Burung-burung mempunyai daya magnetnya tertentu, dimulai dari bulu-bulunya yang berwarna-warna, sampai kicauannya yang merdu.

Berikut beberapa panduan dan langkah menjaga burung yang akurat.

Langkah Menjaga Burung

Burung menjadi satu diantara hewan piaraan rumah terfavorit. Kehadiran mereka menjadi kawan dekat di dalam rumah karena burung suka juga berhubungan dengan manusia, suara nyanyiannya yang membuat situasi lebih damai.

Ternyata dengan memiara burung, Mam dan Dads sekaligus juga turunkan tingkat depresi. Membelai hewan bisa dibuktikan bisa kurangi depresi dan turunkan tekanan darah.

Tetapi, seperti hewan piaraan yang lain, dibutuhkan waktu, uang, dan pengetahuan yang ideal supaya bisa menjaga burung secara baik dan panjang umurnya.

Untuk Mam dan Dads yang mempunyai hoby untuk memiara burung, tentu ingin mempunyai burung piaraan yang masih tetap sehat dan menyanyi merdu, kan?

BACA JUGA : TIPS MENJAGA ARWANA

1. Beri Kandang yang Nyaman dan Aman

Kandang yang lumayan luas benar-benar diperlukan burung untuk latih sayapnya dan memanjat. Disini tempat di mana burung akan habiskan mayoritas waktunya.

Supaya tidak batasi geraknya, yakinkan jika Mam dan Dads tidak beli kandang yang kekecilan.

Disamping itu, burung ialah makhluk yang pintar, jadi hati-hatilah karena mereka kerap mendapati langkah untuk larikan diri dari kandang. Memakai kunci gembok dapat pastikan supaya burung aman dalam sangkar.

2. Panduan Menempatkan Kandang

Sesudah Mam dan Dads beli kandang yang pas untuk burung, langkah menjaga burung setelah itu tempatkan kandang di lokasi terbaik.

Burung ialah makhluk yang sensitif pada peralihan temperatur, sinar, dan asap. Karena itu, mereka memerlukan perputaran udara yang memadai baik. Bahkan juga asap berbahan kimia pencuci, rokok, dan cat baru dapat  mencelakakan burung.

Mam dan Dads dapat menempatkan kandang burung di tempat rumah yang cukup terserang cahaya matahari. Burung jadi dapat mendapatkan vitamin D yang cukup hingga bagus untuk tulang mereka.

Tempatkan kandang tidak begitu tinggi atau rendah. Bila terlampau rendah, burung akan berasa takut dan kuatir. Kebalikannya, bila terlampau tinggi dari ketinggian mata, mereka akan berasa terisolasi dari beberapa orang di bawahnya.

3. Membersihkan Kandang Sekerap Kemungkinan

Langkah menjaga burung pun tidak terlepas dari memerhatikan kebersihan kandangnya. Dengan memerhatikan kebersihan kandang, Mam dan Dads mempertahankan kesehatan burung.

Ada banyak sisi dari kandang burung yang perlu kerap dibikin bersih.

Misalkan, alas kandang yang perlu ditukar tiap hari atau dibasuh untuk bersihkan kotoran burung.

Tempat minum dan makan harus juga dibikin bersih tiap hari sama air hangat dan sabun supaya bebas bakteri.

Untuk kandang, upayakan untuk membersihkan satu minggu sekali dengan memakai sabun dan air hangat.

Permukaan plastik kandang burung bisa juga dicuci dengan larutan cuka dan air. Atau Mam dan Dads bisa juga memakai pemutih rumah biasa untuk membersihkan permukaan kandang.

Pembersihan dan desinfektan lengkap ini diperlukan pada semua tempat kandang untuk membunuh bakteri yang melekat.

Menurut VCA Hospitals, kotoran dan bakteri lebih gampang mempernyerap pada bahan seperti kayu, anyaman dan bambu . Maka, ubahlah beberapa barang ini di kandang burung tiap 6-12 bulan.

4. Lihat Gizinya

Gizi yang cukup berperanan penting dalam perawatan burung supaya masih tetap sehat. Saat di alam liar, burung akan makan beragam jenis makanan untuk penuhi keperluannya.

Sama juga halnya dengan menjaga burung piaraan. Skema makan yang bagus dapat tingkatkan mekanisme kebalnya hingga dapat mencegah beragam penyakit.

Menurut organisasi RSPCA, burung harus dikasih makanan dengan gabungan makanan yang natural serta berkualitas tinggi.

Misalkan saja buah fresh, rumput-rumputan, bunga asli, sayur, dan sebagainya yang aman dan sesuai spesies burung.

Bila Mam dan Dads sangsi, coba tanyakan lebih dulu dengan pakar dan komune untuk pastikan makanan burung telah sama sesuai buat mereka dan tidak beracun.

Menurut PetCoach, minimal ada banyak kategorisasi burung menurut makanannya, yakni:

alpukat benar-benar beresiko untuk burung karena kandungan persin didalamnya dapat mengakibatkan nekrosis miokardial, yakni masalah pada jantung karena persempitan pembuluh darah koroner, hingga mengakibatkan kematian tiba-tiba. Burung-burung seperti kenari dan budgies ialah tipe burung yang paling rawan pada penyakit ini.

5. Siapkan Mainan dan Makanan Kunyah

Sama dengan hewan piaraan yang lain, burung suka juga bermain. Mainan dapat kurangi kebosanan mereka saat dalam kandang kelamaan. Ini bisa juga menggerakkan mereka untuk olahraga.

Seperti manusia, kenyamanan dalam kandang penting diingat. Setiap burung juga mempunyai kegiatan favorite mereka masing-masing.

Burung Beo misalkan, memerlukan mainan untuk dikunyah. Sementara Kenari menyenangi bel atau ayunan.

Bermacam mainan semacam ini dapat memberikan kegiatan pada burung hingga mereka tidak berasa jemu.

Secara umum, burung juga sukai kunyah mainan dan makanan karena ini dapat menolong jaga paruh mereka pada keadaan sempurna.

Sebagai langkah menjaga burung, Dads dapat membelikan mainan kunyah seperti biji pinus, kulit mentah, tali serat alami, dan cabang pohon.

6. Jaga Kebersihan Bulu-bulunya

Burung habiskan waktu beberapa jam sehari-harinya untuk menyisir bulu-bulu mereka dengan paruh. Ini mereka kerjakan untuk jaga bulu-bulu masih tetap lempeng dan tahan terhadap air.

Sama dengan piaraan yang lain, langkah menjaga burung perlu dirawat bulu-bulu dan kulitnya supaya mereka suka dan sehat.

Untuk tersebut, sebagian besar burung menyenangi air dan benar-benar nikmati saat mereka dimandikan. Mandi bukan hanya hilangkan kotoran tapi bisa juga jaga kelembapan kulit burung.

Mandi bisa juga bersihkan kutu, parasit, dan tungau yang kemungkinan bersarang di bulu-bulu mereka. Burung yang jarang-jarang dimandikan umumnya benar-benar rawan mempunyai bulu-bulu yang cepat hancur dan kering.

Tetapi, Mam dan Dads perlu memerhatikan sistem mandi yang dipakai untuk setiap spesies burung. Diambil dari Hagen Aviculture Research Institute, ada banyak sistem yang dapat dipakai untuk memandikan beberapa macam burung, yakni:

Antara spesies burung beo yang terkenal, umumnya lebih sukai mandi dan merendam.
Soft bills, Lories, Quaker, Kenari, Lovebirds, dan yang lain lebih sukai memakai tehnik birdbath. Mam dan Dads cukup isi mangkok dangkal sama air sedalam 1-2 inch (tidak lebih dari ketinggian burung). Nanti, burung akan mandi sendiri, jadi Mam dan Dads cukup hanya bersihkan recikan air untuk menahan perkembangan bakteri.
African Grey lebih nikmati mandi secara rata ke badan mereka.
Sesudah burung dimandikan, keringkan bulu-bulunya dengan diangin-anginkan lebih dulu.

Diamkan bulu-bulu burung cukup kering, baru dijemur. Maksudnya supaya burung nanti dapat berlindung sendiri bila mereka berasa cahaya matahari terlampau panas.

7. Hubungan dan Publikasi

Pahami sikap burung di alam liar penting supaya langkah menjaga burung lebih pas sebagai hewan piaraan.

Misalkan saja, burung beo yang disebut hewan sosial di alam liar. Mereka terlatih menempati, terbang, dan cari makanan dengan temanan.

Karena itu, burung memerlukan perhatian dari manusia. Saat berhubungan dan merajut jalinan, tidak cuma bagus untuk burung, tetapi ini bisa juga tingkatkan kesehatan manusia.

Dikutip dari Pet Ownership and Human Health, faedah dalam memiara hewan piaraan ialah tingkat keberlangsungan hidup yang semakin tinggi, pengurangan resiko penyakit kardiovaskular, dan kenaikan kesehatan psikis.

Kicauan burung ternyata dapat memunculkan hati santai untuk pendengarnya. Bila didengar pada pagi hari, orang yang dengar kicauan burung akan berasa semakin tenang dan damai. Keadaan ini bisa juga membuat situasi lingkungan yang natural serta asri.

Langkah menjaga burung memanglah tidak ada yang instant, diperlukan kesabaran dan saat yang cukup saat sebelum dekat dengan burung. Tetapi, dengan menjaganya tiap hari dengan tekun, burung akan tumbuh sehat dan berkicau dengan cerah.

 

 

Exit mobile version