Site icon Berita Burung

3 Langkah Hitung Umur Kehamilan, Haid Paling akhir sampai USG

3 Langkah Hitung Umur Kehamilan, Haid Paling akhir sampai USG

Jakarta, Beritaburung — Beberapa wanita kemungkinan belum mengetahui langkah hitung umur kehamilan. Walau sebenarnya, ini penting untuk mengawasi perubahan bayi dalam kandungan.
Disamping itu, umur kehamilan harus dipahami supaya ibu hamil alias bumil dapat ketahui kapan bayi akan lahir. Maksudnya supaya seluruh keperluan bayi dapat selekasnya disiapkan.

Langkah Hitung Umur Kehamilan

Sekarang ini, ada tiga langkah hitung umur kehamilan. Pertama, berdasar hari awal haid paling akhir (HPHT). Ke-2 , hitung tanggal ovulasi. Ke-3 , lewat pengecekan ultrasonografi (USG).

1. HPHT

HPHT sebagai langkah hitung umur kehamilan yang tersering dipakai. Triknya gampang, bumil perlu ingat kapan hari awal haid paling akhir.

Misalkan, HPHT bumil pada 1 Juni 2022, karena itu pada 29 Juni 2022 janin telah berumur empat minggu atau sebulan. Tetapi, penghitungan memakai langkah HPHT ini biasanya dipakai pada wanita yang punyai kisah haid teratur.

Sementara jika periode haid tidak teratur, kemungkinan kesusahan ingat kapan HPHT itu dan memakainya sebagai dasar untuk hitung umur kehamilan.

Di lain sisi, penghitungan simpel ini juga bisa dipakai untuk ketahui hari prediksi lahir (HPL). Triknya, HPHT ditambahkan 40 minggu. Misalnya, HPHT 1 Juni 2022, karena itu HPL pada 8 Maret 2023.

Tetapi, ada penghitungan lain dengan langkah ini, yaitu memakai rumus Naegele. Berdasar rumus ini, HPL dijumpai dengan HPHT ditambahkan setahun dan 1 minggu, lalu dikurang 3 bulan.

Misalkan, HPHT 1 Juni 2022, lalu ditambahkan setahun sama dengan 1 Juni 2023. Selanjutnya ditambahkan 1 minggu jadi 8 Juni 2023.

Seterusnya, dikurangkan 3 bulan sama dengan 8 Maret 2023. Karena itu, HPL ialah 8 Maret 2023.

Walau demikian, harus diingat jika HPL cuma prediksi. Sementara bayi dapat lahir bisa lebih cepat, sama sesuai, atau mundur dari HPL. Semuanya bergantung pada perubahan bayi dalam kandungan.

2. Tanggal ovulasi

Langkah hitung selesai kehamilan lainnya ialah memakai dasar tanggal ovulasi alias pelepasan sel telur. Karena, pembuahan oleh sperma baru dapat terjadi bila sel telur telah ada.

Ovulasi umumnya terjadi sekitaran dua minggu sesudah hari awal haid. Misalkan, HPHT pada 1 Juni 2022, memiliki arti ovulasi terjadi pada 15 Juni 2022.

Melalui dari tanggal itu bila wanita melakukan hubungan intim dan hamil, karena itu umur kehamilannya dapat dihitung sesudah tanggal itu.

Sebetulnya, ini langkah yang lebih pas untuk hitung umur kehamilan. Tetapi, sedikit wanita yang mengetahui mengetahui masalah tanggal ovulasi.

Karena, tidak berasa secara berarti dalam tubuh. Tetapi, sebetulnya ada salah satunya pertanda ovulasi, yakni menyaksikan kekentalan lendir serviks.

3. USG

Pengecekan kehamilan dengan USG dapat dilaksanakan pada 5-6 minggu sesudah terlambat haid. Tetapi, waktu terbaik sesudah 8 minggu.

Masalahnya kantung kandungan baru bisa kelihatan terang. Kemudian, dokter akan memberi HPL ke bumil.

Pengecekan USG bisa disebut jadi langkah hitung umur kehamilan yang paling ringkas. Disamping itu, dapat diteruskan dengan diskusi berkenaan kehamilan.

Exit mobile version