Site icon Berita Burung

10 Tempat Rekreasi di Solo yang Keren, Main ke Sini Yok!

10 Tempat Rekreasi di Solo yang Keren, Main ke Sini Yok!

Beritaburung – Bicarakan masalah kota rekreasi di Jawa tengah, tentu kita sudah tidak asing dengan Yogyakarta, Semarang, Magelang, Demak, Surakarta, dan lain-lain.

Saat ini, Yogyakarta nampaknya terpopuler dibanding yang lain. Meskipun begitu, tidak berarti wilayah lain kurang pantas jadi tujuan rekreasi khusus.

Seperti Surakarta atau Solo yang menjadi satu diantara opsi terbaik millennials mengelana, karena ada Kampus Sebelas Maret Surakarta (UNS).

Tujuan tempat rekreasi Solo lumayan komplet, mulai rekreasi alam, budaya, riwayat, religius, sampai modern. Coba periksa tempat rekreasi di Solo mana saja berikut yang pernah kamu datangi?

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

Sampai sekarang ini, Keraton Surakarta masih berperan sebagai rumah Sri Sunan. Tempat ini menjadi tujuan terbaik untuk belajar riwayat Solo. Masalahnya keraton yang dibuat pada 1744 ini jadi lambang cikal akan Solo.

Keraton yang berada di Jalan Baluwarti, Pasar Kliwon, ini mempunyai museum yang simpan artefak monumental. Kamu dapat menyaksikan warisan kasunan, pusaka keraton, alat musik, pemberian dari beberapa raja Eropa, dan ada banyak kembali yang lain.

2. Istana Mangkunegaran


Tempat monumental yang lain ialah Istana Mangkunegaran yang ada di Jalan Ronggowarsito Nomor 83. Istana ini digagas Mangkunegara I yang ikuti mode keraton pada 1757. Saat ini, Istana berasitektur ciri khas Eropa ini sudah jadi pusat budaya dan seni Solo.

Rabu jadi waktu terbaik tiba kesini. Karena, ada pagelaran gamelan teratur mingguan. Kamu cukup hanya bayar ticket masuk Rp10 ribu.

3. Museum Batik Danar Hadi

Siapa sich yang tidak tahu kualitas batik Solo? Karena sangat baiknya, Solo mempunyai museum batik Danar Hadi yang berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261. Museum ini mempunyai lebih dari 10 ribu koleksi kain batik dengan beragam pola.

Oleh karena itu, tidaklah aneh jika Danar Hadi dikukuhkan sebagai Museum Rekor-Dunia Indonesia pemilik koleksi kain batik paling banyak. Bagusnya kembali, ada pabrik batik catat dan cap yang dibuka untuk beberapa pelancong.

4. Daerah Batik Kauman


Senang berkeliling-keliling museum, ini waktunya untuk kamu berkunjung ke daerah batik di Kauman, Pasar Kliwon. Ada di kompleks kota tua, kamu akan dibikin takjub dengan bangunan kuno disekelilingnya. Disamping itu, kamu bisa juga mendapati bermacam perajin batik di sejauh perjalanan.

Menurut riwayat, teritori perkampungan Kauman dahulunya jadi tempat pembikinan batik untuk keluarga keraton. Selainnya di sini, kamu dapat mendapati teritori sama di Jalan Dr. Radjiman Nomor 521.

5. Pasar Triwindu


Pasar Triwindu akan jadi lokasi yang membahagiakan kolektor barang unik atau pencinta photografi. Masalahnya pasar yang telah ada semenjak 1939 tidak pernah rapuh oleh waktu.

Bak cari harta karun, kamu akan mendapati beragam barang unik, unik, dan menarik di sini. Tidak ada ruginya, kok sekedar lihat-lihat ke Pasar Triwindu.

6. Agrowisata Sondokoro

Jika ingin nikmati cantiknya Solo, kamu dapat bergerak sepanjang 5 km ke Jalan Mangkunegara. Situasi alam yang teduh membuat beberapa orang menyenangi Agrowisata Sondokoro. Tempat ini membuka dari 08.00 sampai 17.00.

Di Agrowisata Sondokoro, kamu akan dimanja dengan therapy ikan, injak refleksi, kulineran sedap, dan lain-lain. Kamu dapat bebas bermain sepuasnya, ada kolam renang dan flying fox lho.

7. Pandawa Water World


Berada di tepian Sukoharjo dan Surakarta, Pandawa Water World membuka tiap hari, selainnya Selasa. Kolam renangnya dibuka start pukul 07.00, dan untuk taman permainannya baru membuka 12.00 (weekdays) dan 08.00 (akhir pekan).

Senang sekali kamu bermain sepanjang hari di sini, tempat ini sediakan 27 sarana air. Misalkan wave pool, action river, warm spa, sight tower, dan sebagainya. Ticket masuknya dibandrol mulai Rp80 ribu per-orang. Kamu yang berulang-ulang tahun dapat masuk kesini dengan gratis.

8. Taman Selingan Rakyat Sriwedari


Berlibur di Solo itu relatif dapat dijangkau, tidak buat kantong kering. Kamu dapat mendapati selingan murah dan meriah dengan benar-benar gampang, seperti pada Taman Selingan Rakyat (THR) Sriwedari. Minimal ada 16 sarana komplet dengan cafe, jagat hiburan, mini waterpark, tempat kecakapan, dan lain-lain.

9. Bendung Karet Tirtonadi


Baru disahkan di pengujung 2018, tempat ini diharap jadikan icon baru Solo. Masalahnya Bendungan Karet di Gilingan, Banjarsari, menjadi fasilitas pembelajaran dan rekreasi.

Menurut Menteri Tugas Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pengendalian rekreasi air di teritori bendungan akan diberikan ke Pemerintahan Kota Solo. Gagasannya bakal ada pelabuhan untuk rekreasi air. Wah, menarik nih!

10. Benteng Vastenburg

Paling akhir, ada benteng warisan Belanda yang berada di teritori Gladak. Benteng yang dibuat semenjak 1745 ini dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Awalannya, benteng dipakai sebagai pusat kontrol pemerintah Keraton Surakarta.

Saat ini benteng cuma tersisa beberapa puing yang tersisa pagar pemisah. Tempat ini cukup hebat untuk jadi lokasi beberapa foto di Solo.

Dan itu beberapa referensi tujuan atau tempat rekreasi di Solo yang baik dan cantik buat kamu datangi . Maka, mana dahulu yang ingin kamu kunjungi nih?

Exit mobile version